Irma Nur Hasanah, . (2018) DESKRIPSI KEMAMPUAN BAHASA TULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA TUNARUNGU KELAS IX SLB BC CEMPAKA PUTIH (Studi deskriptif kualitatif di kelas IX SLB BC Cempaka Putih). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (33kB) |
|
Text
03 Lembar Persetujuan.pdf Download (74kB) |
|
Text
04 Lembar Orisinilitas.pdf Download (58kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (335kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (261kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Download (388kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Download (703kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa tulis meliputi penguasaan kosakata bahasa Indonesia, kemampuan menyusun kalimat bahasa Indonesia, dan kemampuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada siswa tunarungu kelas IX di SLB BC Cempaka Putih. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara bahwa siswa kelas IX mendapatkan juara lomba menulis tetapi berdasarkan pengamatan dokumen menunjukkan bahwa kemampuan bahasa tulis siswa belum cukup baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa tiga siswa memiliki kemampuan bahasa tulis yang baik sedangkan dua siswa belum cakap dalam aspek kemampuan bahasa tulis. Penguasaan kosakata tiga siswa sudah baik. Sedangkan dua siswa lainnya memiliki kemampuan penguasaan kosakata yang kurang baik, yaitu membutuhkan bantuan guru dalam menggunakan kosakata dan memahami makna kata yang digunakan untuk membuat kalimat. Penguasaan kosakata yang baik pada tiga siswa tunarungu kelas IX menjadi faktor pendukung untuk menyusun kalimat dan memahami makna kalimat yang dibuat. Beda halnya dengan dua siswa lainnya yang masih membutuhkan bantuan guru menggunakan kosakata dan memahami makna kata sehingga dalam menyusun sebuah kalimat pun membutuhkan bimbingan guru. Kemampuan pemakaian ejaan yang dimiliki tiga siswa tunarungu juga cukup baik dan konsisten dibandingkan dengan dua siswa lainnya yang membutuhkan bimbingan guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Siti Nuraini P., M. Sp. Ed 2) Dra. Etty Hasmayati, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 10:42 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 10:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2354 |
Actions (login required)
View Item |