PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERSTRUKTUR MATERI "KALOR DAN PERPINDAHANNYA" UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH.

AFIFAH NISA MUTHI, . (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERSTRUKTUR MATERI "KALOR DAN PERPINDAHANNYA" UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media cetak berupa Lembar Kerja Peserta Didik Terstruktur Materi “Kalor dan Perpindahannya” Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penilaian kelayakan produk ini dilakukan dengan metode evaluasi formatif dengan melibatkan ahli (expert review) dan pengguna (one-to-one evaluation). Evaluasi tersebut melibatkan 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli materi pembelajaran dan 3 pengguna. Hasil rata-rata skor yang diperoleh dari ahli materi sebesar 3,85 dengan kategori “sangat baik”, oleh ahli media sebesar 3,78 dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap one-to-one evaluation, nilai rata-rata yang diperoleh ialah 3,93 dengan kategori “sangat baik”. Hasil tersebut menunjukan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Terstruktur yang dikembangkan ini sangat baik dan layak digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar kelas V dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Lembar Kerja Peserta Didik Terstruktur dinilai menarik, mudah untuk digunakan, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. This development research aims to produce a media in the form of Structured Student Worksheets on "Heat and Its Transfer" Material for Grade V Elementary School Students in Distance Learning. The development model used in this study is the ADDIE model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. This product assessment is carried out by formative evaluation involving experts (expert reviews) and users (one-to-one evaluation). The evaluation involved 1 learning media expert, 1 learning material expert, and 3 users. The results of the average score obtained from material experts was 3.85 in the "very good" category, by media experts at 3.78 in the "very good" category. In the one-to-one evaluation stage, the average value obtained was 3.93 with the "very good" category. These results indicate that the structured Student Worksheet developed is very good and suitable to be used according to the needs of elementary school students in grade V in Distance Learning. Structured Student Worksheets that are considered attractive, easy to use, and can increase students' learning interest in Distance Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M. Pd ; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13211 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:26
Last Modified: 07 Mar 2022 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item View Item