SYADILA NUR HANIYYAH, . (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH APLIKASI MANAJEMEN KONSTRUKSI BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELING (BIM)(Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
*ABSTRAK*Tuntutan perkembangan teknologi pada dunia konstruksi yang sangat cepat sehingga membutuhkan SDM yang kompeten dan terampil dalam pengoperasian software berbasis BIM. Salah satu upaya perguruan tinggi untuk menyikapi hal tersebut yaitu dengan mengadopsi BIM dalam salah satu materi ajar perkuliahan salah satunya yaitu pada mata kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Konsruksi Berbasis BIM pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Berdasarkan hasil validasi, e-modul yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori “Sangat layak” dengan persentase sebesar 82% dari ahli materi dan 93% dari ahli media. Hasil uji coba terbatas dan penyebarluasan didapatkan nilai N-gain sebesar 0,65 (sedang) dan 0,79 (tinggi), hal tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan kognitif peserta didik. Serta, dari hasil kuesioner responden peserta didapatkan presentase kepraktisan sebesar 90,2% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul Aplikasi Manajemen Konstruksi mengenai tata cara pembuatan simulasi 4D dan 5D pada bangunan rumah 2 lantai dengan menggunakan software Autodesk Naviswork layak digunakan sebagai bahan ajar lanjutan pada mata kuliah Aplikasi Manajemen Konstruksi. *ABSTRACT* The demands of technologi development in the construction world are so fast that it requires competent and skilled human resources in the operation of BIM-based software. One of the universities efforts to this by adopting BIM in one lecture teaching materials, one of which is in the course Construction Management Application. The research and development carried out aims to produce E-modules bim-based construction management application courses in the Building Engineering Education Study Program, State University of Jakarta. The method used in this research is the (R&D) using a 4D model. Based on the validation results, the e-modules developed fall into the category of "Very feasible" with a percentage of 82% of material experts and 93% of media experts. Limited trial results and dissemination of N-gain values of 0.65 (moderate) and 0.79 (high), it shows the cognitive improvement of learners. And, from the results of questionnaires respondents participants obtained a percentage of practicality of 90.2% which falls into the category "Very Practical". Based on the data, it can be concluded that the Construction Management Application e-module on the procedure of making 4D and 5D simulations in 2-story house buildings using Autodesk Naviswork software is suitable for use as advanced teaching materials in the Construction Management Application course.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Anisah, MT. ; 2). M. Agphin Ramadhan, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 13937 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2022 03:58 |
Last Modified: | 06 Mar 2022 03:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23629 |
Actions (login required)
View Item |