IRVAN RAFIWIBOWO, . (2022) STRATEGI PERSUASIF PADA IKLAN MOBIL BERBAHASA PRANCIS PADA BERBAGAI SITUS INTERNET EDISI PEMASARAN 2015-2020. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan komponen strategi persuasif dalam iklan mobil berbahasa Prancis di berbagai situs internet dan implikasinya pada bidang pendidikan bahasa Prancis di Universitas Negeri Jakarta terutama pada mata kuliah Analisis Wacana dengan menganalisis unsur kebahasaan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi dalam mengidentifikasi makna dokumen yang diteliti. Penelitian ini mengacu pada teori Gorys Keraf dan Pachocińska yang berlandaskan pada empat strategi persuasif yang terdiri dari argumen dengan fakta ilmiah (l’argument avec les faits scientifiques), pertanyaan retorik (la quetion rhétorique), kalimat imperatif (la phrase impératif) dan kalimat eksklamatif (la phrase exclamative). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dibagi dalam tiga tahap menurut Miles & Huberman yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 40 kutipan yang mengandung strategi persuasif. Ditemukan kalimat imperatif (la phrase impératif) sebanyak sembilan belas (19) kutipan, kemudian argumen dengan fakta ilmiah (l’argument avec les faits scientifiques) sebanyak sepuluh (10) kutipan. Berikutnya terdapat kalimat eksklamatif (la phrase exclamative) sebanyak tujuh (7) kutipan dan kriteria strategi persuasif terakhir dengan pertanyaan retorik (la question rhétorique) sebanyak empat (4) kutipan. The research aims to describe persuasives strategies in French-language car advertising on various websites and their implications on the field of French language education at Universitas Negeri Jakarta, especially in Discourse Analysis courses by analyzing the components of persuasive language. The approach used is qualitative by using the method of content analysis in identifying the meaning of the document being studied. This research draws on Gorys Keraf’s and Pachocińska’s theory based on four persuasives strategies consisting consists of arguments with scientific facts (l'argument avec les faits scientifiques), rhetorical questions (la quetion rhétorique), imperative sentences (la phrase impératif) and exclamative sentences (la phrase exclamative). The data collection technique in this study is divided into three stages according to Miles & Huberman, namely namely data reduction, data display, and conclusion. The results of this study showed that there are 40 quotes that contain persuasives strategies according to Gorys Keraf’s and Pachocińska’s theory. There are imperative sentences (la phrase impérative) as many as nineteen (19) quotes, then arguments with scientific facts (l'argument avec les faits scientifiques) as many as ten (10) quotes. Next, there are the exclamative phrases (la phrase exclamative) as many as seven (7) quotes and the last persuasive strategy criteria is rhetorical questions (la question rhétorique) as many as four (4) quotes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yusi Asnidar, S.Pd, M.Hum. 2). Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 13855 not found. |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 07:11 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 07:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23748 |
Actions (login required)
View Item |