PENGARUH MINAT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 50 JAKARTA

KHOIRUNNISA, . (2017) PENGARUH MINAT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI KHOIRUNNISA (8105132217).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi kelas XI di SMK Negeri 50 Jakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar, dan terdapat pengaruh antara minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 50 Jakarta dan populasi terjangkau adalah adalah seluruh siswa SMK Negeri 50 Jakarta kelas XI kompetensi keahlian akuntansi yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 58 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel minat belajar (X1) dengan 40 butir pernyataan telah divalidasi sebanyak 33 butir pernyataan dan sisanya sebanyak 7 butir drop. Uji validitas untuk variabel fasilitas belajar (X2) dengan 45 butir pernyataan telah divalidasi sebanyak 36 butir pernyataan dan sisanya sebanyak 9 butir drop. Hasil uji reliabilitas variabel minat belajar sebesar 0,930. Hasil uji reliabilitas variabel fasilitas belajar sebesar 0,898. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan, nilai Fhitung = 32,038 > Ftabel = 3,160 dengan nilai siginifikansi 0,000 dan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu X1 terhadap Y sebesar thitung = 5,314 > ttabel = 2,003 dapat disimpulkan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan X2 terhadap Y sebesar thitung = 4,295 > ttabel = 2,003 dapat disimpulkan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Uji Hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (minat dan fasilitas belajar) memengaruhi variabel dependen (hasil belajar). This research aims to know the influence of interest and learning facilities toward learning achievement of introduction of accounting lessons on grade XI class of accounting departement at SMK Negeri 50 Jakarta.. The hypothesis of this research is that there is influence between the interest toward learning outcomes, there is the influence of facilities toward learning outcomes, and there is influence between the interest and learning facilities on learning outcomes. The Research method used is survey method with quantitative approach. The population in this research are all students of SMK Negeri 50 Jakarta and the reachable population are all students of grade XI class of accounting departement at SMK Negeri 50 Jakarta which have 69 students. The sampling technique is using proportional random sampling to obtain a sample of 58 students. Data collection technique is using questionnaires and documentation. There’s the test validity for the variables of interest in learning (X1) before the instrument used, with 40 of the statement has been validated as many as 33 of the statement and the remaining 7 points of the drop. The validity of the test for the variable learning facilities (X2) is 45 and the statement has been validated as many as 36 of the statement and the remaining 9 point drop. The results of the reliability test variable of learning interest is 0.930. The results of the reliability test of the variable learning facilities is 0,898. Based on the results of test calculations of the regression coefficients simultaneously, the value of Fcount = 32,038 > Ftable = 3,160 with a value of siginifikansi 0.000 and a significance level of 0.05, it can be concluded there is the influence of interest and learning facilities on learning outcomes. While the results of the test of the partial regression coefficients, i.e., X1 to Y at tcount = 5,314 > ttable = 2,003 can be concluded interest in learning have a significant effect on learning outcomes and X2 to Y at tcount = 4,295 > ttable = 2,003 can be concluded that learning facilities have a significant effect on learning outcomes. The Hypothesis said that either simultaneously or partially all independent variables (interest and learning facilities) affect variables dependent (learning outcomes).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd.,M.Ak 2). Achmad Fauzi, S.Pd.,M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:19
Last Modified: 09 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24018

Actions (login required)

View Item View Item