PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ISRA SASMITA, . (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ISRA SASMITA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh lingkungan sosial dan kecerdasan emosional baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuesioner dan dokumentasi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2014 & 2105 yang berjumlah 488 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 Mahasiswa dari Konsentrasi Pendidikan Akuntansi 2014 dan 2015 yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan nilai t hitung sebesar 6,055 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,9900. Kecerdasan Emosional secara parsial juga pengaruh signifikan terhadap Minat berwirausaha, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,092 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,9900. Lingkungan sosial dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 53,575 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,11 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) antara lingkungan sosial dan kecerdasanemosional dengan minat berwirausaha sebesar 57,3%. Hasil uji hipotesis menghasilkan kesimpulan bahwa 1 Lingkungan sosialberpengaruh parsial dan signifikan terhadap minat berwirausaha 2. Kecerdasan emosional berpengaruh parsial dan signifikan terhadap minat berwirausaha. 3. Lingkungan sosial dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. This researches purpose is to find out the influenceof the social environment and emotional quotientTowardsThe Interest In Entrepreneurshipeither partially or simultaneously. Data collection using question form or questionnaire and documentation. The population in this research is a student of economic faculty of Education Economics State University of Jakarta that amounted to 488 students. The sample used in this study as much as 83 students of accounting education concentration of 2014 and 2015 has taken courses in entrepreneurship. The data analysis technique used was multiple linear regression, classical assumption test, and the hypothesis test consist of t-test and F-test. Based on the analisys of the data found that there was a partially significant influence between the social environment towards the interest in entrepreneurship students. It can be seen from the results of the analysis of the data showed the value t-calculate of 6.055 is greater than value of the t-table of 1.9900. Emotional Quotient is also partially significant influence towards entrepreneurship Interest, it can be seen from the results analysis data that shows the count of t values greater than the value 5.092 t-table of 1.9900. Social environment and emotional quotient influential simultaneously towards the interest in entrepreneurship. It can be seen from the results of the analysis of the data shows the value of F-count 53.575 is greater than the value F-table 3.11 and value of significance 0.000 <0.0. The coefficient of determination (R2) between the social environment and emotional quotient with an interest in entrepreneurship of 57.3%. Result of hypothesis test yield conclusion that 1. Social Environment source has partial and significantly to the entrepreneurship interest 2. Emotional quotient source has partial and significantly to the entrepreneurship interest and 3. Emotional quotient and Social Environmental has effect simultaneously towards the interest in entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi, M.Si. 2). Ati Sumiati, S.Pd, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:08
Last Modified: 10 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24122

Actions (login required)

View Item View Item