PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK NURUL IMAN JAKARTA

INDAH NOVEBRIYANI, . (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK NURUL IMAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI INDAH.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Nurul Iman Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017 sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Nurul Iman Jakarta Timur yang berjumlah 357 siswa. Sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 dan X Administrasi Perkantoran 3 sebanyak 75 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, dokumentasi dan kuesioner. Untuk mendapatkan data hasil belajar(Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai hasil ulangan harian dan ulangan tengah semester mata pelajaran Matematika semester genap. Kemudian data motivasi belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara motivasi belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,886 > nilai ttabel 1.673. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara kebiasaan belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,007 >nilai ttabel 1.673. Motivasi belajar dan kebiasaan belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 113,844 > nilai Ftabel sebesar 3.16. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 6,927 + 0,470X1 + 0.403X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0.805 yang artinya motivasi belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) berpengaruh sebesar 80,5% terhadap hasil belajar (Y) The purpose of this research was to determine the influence between learning motivation and learning habits to learning outcomes in student at SMK Nurul Iman Jakarta. This research was conducted in March 2017 until May 2017. The research method used is survey method with causality approach. The population in this study is all students of SMK Nurul Iman East Jakarta, amounting to 357 students. While the population is affordable is all students class X Office Administration 2 and X Office Administration 3 as many as 75 students. The sampling technique used in this study is proportional random sampling, so that got the number of research samples as much as 58 respondents. Data collection techniques used survey techniques, documentation and questionnaires. To get the data of learning result (Y), done by counting the average value of daily test result and repetition of semester semester subjects semester even mathematics. Then the data of learning motivation (X1) and study habits (X2) was obtained from the result of questionnaire distribution to the respondents. Data analysis technique performed is test analysis requirements consisting of normality test and linearity test, classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test consisting of F test and T test. Based on the result of the analysis, it is known that there is a partial influence between the motivation Learning and learning outcomes. Can be seen from the results of data analysis is known that the value of t count of 4.886> tcable value 1.673. Then it is known there is a partial influence between learning habits and learning outcomes. Can be seen from the results of the data analysis is known that the value of t count of 4.007> value tdable 1.673. Motivation learning and learning habits simultaneously affect the learning outcomes, it is seen from the data that shows the value of Fhitung equal to 113.844> Ftabel value of 3.16. The regression equation obtained is Ŷ = 6,927 + 0,470X1 + 0,403X2. Based on the determination coefficient test obtained value of R2 0.805 which means learning motivation (X1) and study habits (X2) have an effect of 80.5% on learning outcomes (Y)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Rr. Ponco Dewi K, MM 2). Umi Widyastuti,SE,.ME
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:43
Last Modified: 10 Mar 2022 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24162

Actions (login required)

View Item View Item