HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI: Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMA Negeri 75 Jakarta

ASMA ASHFIYA MUTI, . (2015) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI: Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMA Negeri 75 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FIX(1)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah konsep diri. Siswa yang memiliki konsep diri akademik yang tinggi memiliki performa akademik yang baik sehingga tercermin pada hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik siswa dengan hasil belajar biologi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 75 Jakarta pada bulan Juni 2015. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel yang digunakan untuk penelitian adalah siswa kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 3 dengan teknik cluster random sampling. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen konsep diri siswa dan tes hasil belajar kognitif. Data diuji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji Bartlett. Hasil uji menyatakan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan koefisien korelasi (rxy) antara konsep diri akademik dengan hasil belajar biologi siswa sebesar 0,14 pada persamaan 43,26 + 0,22X. Konsep diri memberikan kontribusi sebesar 1,96% terhadap hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 75 Jakarta. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri siswa dengan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Putrawan ; 2). Dr. Diana Vivanti S., M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: .rina kusniwati .
Date Deposited: 19 Dec 2019 16:29
Last Modified: 19 Dec 2019 16:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item