IDHA ROSIDI, . (2017) PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI, PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH DAN TARIF PROGRESIF PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
8335132449_SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengenaan pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah dan tarif progresif terhafap daya beli konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen kendaraan bermotor roda empat yang berada di SAMSAT Tanjung Duren. Penelitian ini menggunakan data primer. Sampel penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 konsumen kendaraan bermotor roda empat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji klasik dan analisis regresi linier berganda pada tingkat signifikansi 5%. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (Uji-T), uji simultan (Uji-F), dan koefisien determinasi (R2 ) . Analisis ini menggunakan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak pertambahan nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya beli konsumen, pajak penjualan atas barang mewah berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya beli konsumen, sedangkan tarif progresif pajak kendaraan bermotor tidak berpengaruh signifikan terhadap daya beli konsumen. This reseearch aimed to analyze the influence of the VAT, Sales Tax on Luxury Goods, and Progressive Tax on Motor Vehicles on Consumer Purchasing Power. This reasearch used consumer of four wheel vehicles as population in SAMSAT Tanjung Duren. This research used data primer. Sample for this research counted using Slovin formula and produced 100 consumer of four wheel vehicles as samples. The method analyze by using the descriptive analysis, classic assumption test, and multiple linear regression analysis on significant rates level of 5%. Hyppothesis testing using by partial test (T-test), simultaneous test (F-test), and coefficient of determination (R2 ). This analysis using SPSS version 22. The result declared that VAT and Sales tax on luxury goods has positive effect and significant on consumer purchasing power while progressive tax on motor vehicles has negative effect and not significant on consumer purchasing power.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nuramalia Hasanah, SE, M.Ak 2). Tresno Eka Jaya, SE, M.Ak |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Akuntansi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 02:14 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 02:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24401 |
Actions (login required)
View Item |