BEAUTY CONSTRUCTION IN MAGAZINE ADVERTISEMENTS

NIKEN MONIKA DESIYANTI, . (2022) BEAUTY CONSTRUCTION IN MAGAZINE ADVERTISEMENTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy

Abstract

Studi ini berfokus pada penggambaran dari ide konsep kecantikan dalam iklan makeup dan skincare yang ada pada majalah Women’s Weekly 2019, dari Singapura dan Femina dari Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sebuah konsep kecantikan dari sebuah iklan dan hubungannya dengan teori standar kecantikan yang ada pada dua negara tersebut. Untuk mengetahui cara penggambaran konstruksi kecantikan yang ada pada iklan skincare dan makeup di kedua majalah tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif analitis interpretative. Lebih lanjut, dalam meneliti sumber data, yaitu 4 iklan yang ada pada kedua majalah tersebut, penulis menggunakan beberapa teori terkait seperti semiotika visual sosial oleh Gunther Kress & Van Leeuwen, kemudian teori sistemik fungsional linguistik oleh M.A.K. Halliday. Mengingat dalam iklan tersebut mengandung ideologi dan konsep kecantikan yang dibentuk oleh sebuah brand dan majalah, maka penulis juga menggunakan teori standar kecantikan yang ada pada kedua negara tersebut. ke dalam konteks gambar yang sudah lebih dulu dibangun oleh teks visual. Hasil yang ditemukan dari proses penelitian tersebut adalah bahwa konsep kecantikan yang terdapat pada beberapa iklan kecantikan di majalah Singapore lebih mempromosikan kecantikan yang kurang realistis. Hal ini terlihat dari model yang digunakan, pada iklan make up, model yang digunakan adalah wanita Asia Timur berkulit putih. Lalu, pada iklan skincare, model yang digunakan adalah wanita kaukasia berkulit putih, melalui pesan tekstual yang terdapat pada keduanya menunjukan bahwa kecantikan natural dan tampilan yang awet muda merupakan konsep kecantikan yang banyak diinginkan oleh para wanita Singapura. Sedangkan, pada iklan di majalah Femina Indonesia, konsep kecantikan natural dapat terlihat dari iklan makeup maupun skincare. Keduanya menggunakan model lokal wanita Indonesia, dan konsep kecantikan yang terdapat pada kedua iklan merupakan konsep kecantikan yang lebih realistik dibanding dengan iklan yang terdapat di iklan pada majalah Singapura. This study focuses on the constructed idea of beauty in makeup and skincare advertisements that appears on Women’s Weekly Singapore’s magazine, and Femina, Indonesia’s magazine 2019 edition. The purpose of this study is to know how the idea of beauty are constructed by the makeup and advertisements from both countries throughout magazines advertisements. In order to know how the idea constructed idea of beauty from those advertisements, the writer uses a descriptive-analytical-interpretative method. Furthermore, in doing the analysis, some related theories are employed, namely there are Social Visual Semiotics theory by Gunther Kress and Van Leeuwen, and Systemic Functional Linguistics by M.A.K. Halliday. Through this analysis, it shown that that the advertisements delivering messages about the idea of beauty through the viewers. The result of this study found that Singapore advertisements, promoting the unrealistic beauty conception in terms of visual images, that attract the viewers to achieve the bright skin, as the female portrayed is the white Caucasian female model. The bright skin is the idea of beauty to attach Asian Women that have been known for having yellowish and tanned natural skin. This idea of beauty from this product is categorized as the impossible to achieve for most Asian women, including Singaporean women. While the makeup advertisement from Femina, Indonesia’s magazines portrayed the native female model that is having a light tanned skin, curly hair, black big eyes. She is manifested the Indonesian women figure in general. This idea of beauty which is natural beauty is promoted by the local product, Natasha Skincare. This idea of beauty also reflected in the written or verbal text which is taglines of this product. This product, however delivering the idea of beauty that is more realistic for most Indonesian women.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Diyantari, S.S., M.APP.Ling. 2). Nurbaity, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Users 14452 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 23:20
Last Modified: 15 Mar 2022 23:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24543

Actions (login required)

View Item View Item