FARADIBA SIDQI, . (2017) PENGEMBANGAN CBT BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR VERSI 4.5.1.0 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text
PENGEMBANGAN CBT BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR VERSI 4.5.1.0 PADA MATA .pdf Download (9MB) |
Abstract
Instrumen penilaian CBT merupakan alat yang sangat menjanjikan untuk pengukuran pendidikan. Instrumen ini menawarkan potensi yang tinggi serta nilai tambah dibandingkan dengan tes kertas dan pensil. Pengumpulan dan analisis data serta melalui format soal baru dan desain tes yang menggunakan multimedia. CBT yang terdapat dipasaran, mempunyai kelemahan dalam pelaksanaan dan keamanan tes yang rendah. Oleh karena itu dikembangkan CBT berbasis Adobe Flash CS 6 dan Wondershare Quiz Creator versi 4.5.1.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes berbasis komputer yang lebih aman dalam sistem log in dan lebih dinamis dalam tampilan. Penelitian dilakukan pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SMAN 51 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Hasil uji kelayakan kepada ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 78%, ahli evaluasi sebesar 58,9% dan ahli media sebesar 80% serta uji coba pemakaian kepada guru sebesar 85% dan peserta didik sebesar 85,7%, sehingga didapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 77,52%. Hal ini menunjukan produk yang dihasilkan mendapat interprestasi layak untuk digunakan sebagai perangkat tes dalam pembelajaran Biologi. The CBT assessment instrument is a very promising tool for educational measurement. The instrument offers high potential and added value compared to paper and pencil tests through data collection and analysis as well as through new test format and multimedia test designs. CBT in the market, has a weakness in the implementation and low test security. Therefore developed CBT-based Adobe Flash CS 6 and Wondershare Quiz Creator version 4.5.1.0. This study aims to develop more secure computer-based tests in logging systems and more dynamic in appearance. Research conducted in second semester of 2016/2017 school year at SMAN 51 Jakarta. The method used is research development (Research and Development). Experimental results to the group of material experts obtained an average score of 78%, evaluation experts by 58.9%, media experts by 80%, and also trial usage of teachers by 85% and students by 85.7%, so that obtained an overall average of 77.52%. This indicates that the resulting product gets worthy interpretation that suitable to be used as a test in Biology learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Nurmasari S.M., M.Biomed 2) Dra. Ratna Dewi W., M.Si |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 05:40 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 05:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24784 |
Actions (login required)
View Item |