PENGARUH KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI DI JAKARTA PUSAT

ARIEF NUGRAHA, . (2017) PENGARUH KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI DI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi - Arief Nugraha - 8105123224.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang ikut serta dalam bimbingan belajar dengan dibedakan tingkat motivasi nya pada siswa kelas XI di SMA N Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama sebelas bulan terhitung bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Januari 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N di Jakarta Pusat. Populasi terjangkau adalah XI IIS SMA N 68, SMA N 30, dan SMA N 5 yang berjumlah 360 siswa. Teknik Sampel menggunakan Sampel Stratified Random Sampling yaitu seluruh populasi di jadikan beberapa tingkatan sesuai kebutuhan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket motivasi. Data motivasi didapatkan dengan angket motivasi (B1.B2) hasil belajar ekonomi (Y) didapatkan dengan data nilai di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis yaitu uji Anava dan uji lanjut Tuckey Test. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 27,130 > Ftabel 4,06. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara tingkat motivasi siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 5,442 > Ftabel 4,06. (3) Terdapat interaksi antara bimbingan belajar dengan motivasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 44,604 > Ftabel 4,06. This study aims to determine whether there are differences between the learning outcomes of students who participate in tutoring with differentiated level of his motivation in class XI student at SMAN in Central Jakarta. This research was conducted for eleven months starting in March 2016 until January 2017. The method used is an experimental (Ex Post Facto). The population in this study were all students of class XI SMA N in Central Jakarta. The population is affordable IIS XI SMAN 68, SMAN 30 and SMAN 5 totaling 360 students. Samples Samples technique using Stratified Random Sampling is the entire population be made in several levels as needed. The data collection technique using questionnaires motivation. Data obtained by questionnaire motivation motivation (B1.B2) learning outcomes of the economy (Y) obtained by the data values in the school. Data analysis technique used is the prerequisite test analysis is the normality test and homogeneity test and also test the hypothesis that Anova test and further tests Tuckey Test. Based on the results of data analysis showed that (1) There are differences between the learning outcomes of students who take tutoring. Can be seen from the results of data analysis indicates the value Fhitung 27.130> Ftable 4.06. (2) There are differences in learning outcomes between the level of student motivation. Can be seen from the results of data analysis indicates the value Fhitung 5.442> 4.06 Ftable. (3) There are interactions between tutoring with the motivation to learn. Can be seen from the results of data analysis indicates the value Fhitung 44.604> Ftable 4.06.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ari Saptono, S.E, M.Pd 2). Suparno, M. Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:09
Last Modified: 21 Mar 2022 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24956

Actions (login required)

View Item View Item