HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN RASA INGIN TAHU (Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMA Negeri 16 Jakarta)

DYNA ZAHRAH PUTRI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN RASA INGIN TAHU (Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMA Negeri 16 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DYNA ZAHRAH PUTRI-3415131006 (FIX PDF).pdf

Download (3MB)

Abstract

Rasa ingin tahu merupakan salah satu karakter yang muncul dari kepribadian seseorang sebagai upaya untuk memahami secara lebih mendalam dan mendetail, khususnya pada diri siswa dalam pembelajaran disekolah. Terdapat lima dimensi kepribadian yaitu, openness to experiences, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism, sebagai suatu pendekatan yang digunakan untuk melihat kepribadian manusia melalui sifat. Kepribadian yang akurat diharapkan berhubungan degan rasa ingin tahu siswa yang tinggi di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian dengan rasa ingin tahu siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 16 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan studi korelasional. Jumlah sampel sebanyak 100 siswa kelas XI MIPA. Uji prasyarat menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 27,602 + 0,8149X. Koefisien korelasi sebesar 0.47 yang berarti terdapat hubungan positif antara kepribadian dengan rasa ingin tahu siswa kelas XI MIPA di SMAN 16 Jakarta. Uji korelasi masing-masing dimensi kepribadian menunjukkan, conscientiousness (kesungguhan) yang mempunyai kontribusi lebih tinggi dibanding keempat dimensi lainnya yaitu dengan koefisien korelasi sebesar 0,16. Curiosity is one of the characters that emerges from one's personality in an attempt to understand in more depth and detail, especially in students in school learning. There are five dimensions of personality namely, openness to experiences, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism, as an approach used to look at human personality through nature. Accurate personalities are expected to relate to students' high curiosity in the classroom. This study aims to determine the relationship between the personality with the curiosity of students. The study was conducted at SMAN 16 Jakarta in the even semester of the academic year 2016/2017. The method used is descriptive with correlational study. The number of samples is 100 students of class XI MIPA. The prerequisite test shows normal and homogeneous distributions. Regression equation obtained is Ŷ = 27,602 + 0,8149X. Coefficient correlation of 0.47 which means there is a positive relationship between the personality with the curiosity of students of class XI MIPA in SMAN 16 Jakarta. Correlation test of each personality dimension shows, conscientiousness (sincerity) which has higher contribution than the other four dimensions that is with correlation coefficient of 0.16.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:00
Last Modified: 21 Mar 2022 03:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item