PENGARUH MEDIA MOBILE LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

DWI AMELIA SAVITRI, . (2017) PENGARUH MEDIA MOBILE LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3336159161_DWI AMELIA SAVITRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media mobile learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 78 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode true eksperiment dengan desain penelitian Anava dua jalur (treatment by level 2x2). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik kuesioner dan tes, yaitu kuesioner kemandirian belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (Anava) dua Jalur. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media mobile learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media tradisional; (2) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media mobile learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media tradisional pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi; dan (4) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media mobile learning lebih rendah dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media tradisional pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. This research aims to find out the effect of mobile learning and self regulated learning toward student’s learning outcomes in rate reaction. This study was conducted in Senior High School 78 Jakarta on school year 2016/2017. This research used true experimental method with research design treatment by level 2x2. Data collection in this research was conducted by questionnaire and test technique, namely the questionnaire self regulated learning and test result learning. The conclusion in this research, namely : (1) student’s learning outcomes on student who teaching with mobile learning is higher than student who teaching with traditional media; (2) there is interaction effect between learning media and self regulated learning toward student’s learning outcomes; (3) student’s learning outcomes on student who teaching with mobile learning is higher than student who teaching with traditional media who have the high of self regulated learning; and (4) student’s learning outcomes on student who teaching with mobile learning is lower than student who teaching with traditional media who have the low of self regulated learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Ucu Cahyana, M.Si., 2) Dr. Maria Paristiowati, M.Si.,
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:54
Last Modified: 21 Mar 2022 03:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25001

Actions (login required)

View Item View Item