POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA TUNARUNGU DALAM PEMBINAAN IBADAH SHALAT

ABID KHOLIS LAHUDDIN, . (2017) POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA TUNARUNGU DALAM PEMBINAAN IBADAH SHALAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fix Abid (DON'T TOUCH).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peneliti yang ingin mengetahui Pola Komunikasi guru dan siswa tunarungu dalam pembinaan ibadah shalat di Sekolah Luar Biasa Budi Daya Kasih, Cijantung, Jakarta Timur. Peneliti menggunakan macam-macam Pola Komunikasi yang dapat mengetahui penerapan Pola Komunikasi apa yang dipakai guru dalam membina ibadah shalat siswa tunarungu, serta kendala dan dukungan yang di dapat guru dalam membina ibadah shalat siswa tunarungu untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam membina ibadah shalat siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pola Komunikasi yang digunakan guru dalam pembinaan ibadah shalat siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa Budi Daya Kasih, Cijantung, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori Pola Komunikasi menurut Andreano Rinaldi Sitinjak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pola Komunikasi yang dominan dipakai guru untuk membina ibadah shalat siswa tunarungu adalah Sirkular, karena guru mengenalkan dan membiasakan siswa tunarungu untuk selalu memberi tanggapan langsung dari instruksi yang guru berikan, sehingga siswa tunarungu lebih aktif dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam pembinaan ibadah shalat. This event will be based on research by researchers who want to know the pattern of the Communication of deaf teachers and students in the construction of worship to pray at school Superb Cultivation of love, Cijantung, East Jakarta. Researchers use a variety of communication Patterns can tell the application what Communication Patterns used in fostering teachers prayer worship deaf students, as well as constraints and support that teachers can be in fostering in worship prayer deaf students to know the teacher and supporter of restricting factors in fostering prayer worship deaf students. This research aims to describe and analyze the Communication Patterns that are used in the construction of teacher's prayer worship deaf students in the school's Remarkable Cultivation of love, Cijantung, East Jakarta. This study uses qualitative methods, with descriptive analysis. The theory is the theory of the communication pattern according to Rinaldi Sitinjak Andreano. The results showed that the application of the dominant Communication Pattern is used to construct the teacher worship prayer deaf students is Circular, because the teacher introduces and familiarizes students deaf to always give a direct response from the teachers give instructions, so that deaf students more actively in the process of teaching and learning, particularly in the construction of worship is prayer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Sari Narulita, M.Si 2) Rudi Muhamad Barnansyah, M.Pd.I
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:56
Last Modified: 23 Mar 2022 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item