PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Studi Eksperimen di SMA Negeri 79 Jakarta

ADVENT SILABAN, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Studi Eksperimen di SMA Negeri 79 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Advent Silaban.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 79 Jakarta dari bulan Oktober sampai Mei 2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 79 Jakarta yang berjumlah 706 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya siswa kelas XI IIS, terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel yang diambil dua kelas yaitu kelas XI IIS-2 dengan jumlah siswa 31 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IIS-3 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas Karl Pearson dan uji reliabilitas Spearman Brown menghasilkan 40 soal dari 50 soal, dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,960 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,101) < Lt (0,159) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,143) < Lt (0,152) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2hi (0,083) < 2ta (3,84) maka varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 3,943 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 79 Jakarta. This research aims to get empirical data about the influence of the influence of the method of teaching Two Stay Two Stray of the results of learning history. This research done in SMA 79 Jakarta from Oktober until Mei 2017. The research approach that is used is quantitatively with the method of the experiment. The target population in this research is the entire student SMA 79 Jakarta which numbered 706 students, while the achieved of population grade XI IIS, consists of 3 class which numbered 105 students. Sampling techniques using simple random sampling. Samples taken two classes namely grade XI IIS 2 with the number of students 31 people as a class experiment and XI IIS 3 with the number of students 34 people as control classes. The results of the trial the instrument using the formula Karl Pearson and Spearman Brown produce 40 questions from 50 questions and obtained the value of the reliability of 0,960 which means the instrument can be used. Analysis requirements tests using normal tests using Lilliefors test in class experiment obtained Lh (0,101) < Lt (0,159) then the spread normal distribution of the data and on the control class obtained Lh (0,141) < Lt (0,148) then the spread normal distribution of the data. Homogenitas tests using Barlett tests and obtained 2hi (0,083) < 2ta (3,84) then varians homogeneous. Hypothesis testing using t test formula produces thitung 3,943 > ttabel 2.00 on equal trust 95% (α = 0.05), then H0 rejected and H1 received. It can be concluded that there is the influence of the method of teaching Two Stay Two Stray of the results of learning history in SMA 79 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nurzengki Ibrahim, M.M 2) Drs. M. Fakhruddin, M.Si
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:02
Last Modified: 23 Mar 2022 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item View Item