PENINGKATAN PERILAKU MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Tunas Beringin, Jakarta Timur)

AIDHA ARTHA NOVAYANTY, . (2017) PENINGKATAN PERILAKU MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Tunas Beringin, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Aidha Artha Novayanty.pdf

Download (10MB)

Abstract

Fokus penelitian ini meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun. Rendahnya perilaku moral baik disebabkan karena belum adanya kegiatan khusus yang membahas mengenai perilaku moral baik, serta guru belum memberikan contoh perilaku moral baik pada anak dalam kegiatan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan metode bercerita untuk dapat meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Tunas Beringin dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak. Indikator perilaku moral yang diteliti adalah sopan santun, kepedulian, kejujuran, mematuhi aturan dan tanggungjawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dalam setiap siklusnya. Penelitian yang dilakukan sebanyak dua siklus, dimana pada tiap siklus difokuskan pada kegiatan dengan metode bercerita yang didalamnya mengandung pesan-pesan moral untuk berperilaku moral baik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Model Miles and Hubberman digunakan dalam analisis data kualitatif menggunakan catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan perilaku moral anak setelah tindakan menggunakan metode bercerita. Temuan penelitian secara kuantitatif, menggambarkan persentase kenaikan sebesar 22% dengan hasil akhir rata-rata kelas pada siklus I sebesar 59% dari sebelumnya 37% pada pra penelitian, sedangkan pada siklus II, persentase kenaikan sebesar 26% dengan hasil akhir rata-rata kelas pada siklus II sebesar 85%. Total kenaikan rata-rata kelas dari pra penelitian hingga akhir siklus II adalah sebesar 48%. Hal ini memiliki makna bahwa telah terjadi peningkatan perilaku moral anak dari pra penelitian hingga akhir siklus II. Temuan penelitian secara kualitatif menggambarkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan perilaku moral anak. Melalui metode bercerita, anak terlihat lebih fokus dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, anak juga dapat memahami isi cerita yang disampaikan dan memvisualisasikannya dengan mudah, sehingga pesan-pesan moral yang disampaikan oleh guru dapat diserap oleh anak. Guru juga dapat memberikan contoh mengenai perilaku moral baik pada anak melalui tokoh-tokoh yang diceritakannya. Pada akhir siklus II terlihat peningkatan perilaku moral baik pada anak. Sebagian besar anak telah terbiasa berperilaku moral baik dan sebagian lainnya berperilaku moral baik saat guru memberikan pujian. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran anak usia dini hendaknya menerapkan metode dan media yang sesuai, memberikan motivasi dan contoh nyata yang tercermin dalam keseharian. Focus of this research is about improved moral behavior in children aged 5- 6 years. Lack of good moral behavior becaused by the minimum special activities that discuss a good moral behavior, and the teacher had not set an example of good moral behavior to children in daily activities. The objective of this research was to explain the process and learning outcomes of using strorytelling which can improved moral behavior in children aged 5-6 years at BKB PAUD Tunas Beringin with child research subjects amount 10 people. The moral behavior indicators studied are polite, caring, honest, obeying the rules and responsibilities. The method used in this research is Action Research, using Kemmis & McTaggart model consisting of four components : planning, action, observation and reflection in each cycle. Research conducted two cycles, in which each cycle is focused on activities with the storytelling method that contains moral messages to behave well. Data collection techniques in this research are observation, interview, and documentation. Analyzed using qualitative and quantitative data analysis. Miles and Hubberman models are used in qualitative data analysis using field notes, interview notes and documentary notes. Quantitative data analysis is used to find out the percentage of improvement of moral behavior of children after action using storytelling method. The research findings quantitatively, describe the percentage of increase of 22% with the average class end result in the first cycle of 59% from 37% in preresearch, whereas in cycle II, the percentage increase of 26% with the average class end result on Cycle II by 85%. The total grade increase from pre-end to cycle II was 48%. This has the meaning that there has been an increase in moral behavior of children from pre-research to the end of cycle II. The research findings qualitatively illustrate that the use of storytelling methods can improve the moral behavior of children. Through the storytelling method, children look more focused and enthusiastic in learning activities. In addition, children can also understand the contents of the story presented and visualize it easily, so that the moral messages conveyed by the teacher can be absorbed by the child. Teachers can also provide examples of good moral behavior in children through the characters they tell. At the end of cycle II, there is an increase in moral behavior in children. Most children have become accustomed to good moral behavior and others behave in good morals when teachers give praise. Based on this, it can be concluded that in the early childhood learning process should apply appropriate methods and media, providing motivation and real examples that are reflected in everyday life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, M.Pd, MM 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:28
Last Modified: 23 Mar 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25187

Actions (login required)

View Item View Item