LATIHAN BICARA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA JAKARTA PUSAT (Studi Kualitatif Deskriptif di Kelas Persiapan 3A PAUD Santi Rama)

AISYAH, . (2017) LATIHAN BICARA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA JAKARTA PUSAT (Studi Kualitatif Deskriptif di Kelas Persiapan 3A PAUD Santi Rama). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AISYAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latihan bicara peserta didik tunarungu di PAUD Santi Rama. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum modifikasi. Program yang dirumuskan untuk kelas persiapan 3A (P3A) terdiri dari dua aspek yaitu aspek segmental dan suprasegmental. Pada aspek segmental terdiri dari sembilan fonem yang menjadi program yaitu fonem p, b, m, w, t, d, n, l, dan y. Sedangkan pada aspek suprasegmental guru melatih kekerasan suara dan kelancaran nafas. Pendekatan latihan bicara yang digunakan guru yaitu pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik, dan Haptik (VAKT). Metode latihan bicara yang digunakan diantaranya imitasi, reaktif, percakapan, dan bermain. Media yang digunakan lebih banyak hasil dari kreatifitas guru latihan bicara. Evaluasi yang dilakukan yaitu menggunakan teknik penilaian proses dengan mengamati peserta didik selama kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Setelah dilaksanakan latihan bicara peserta didik lebih mudah mengerti dan dimengerti oleh oranglain ketika berkomunikasi. Kegiatan latihan bicara mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi merupakan kebijakan yang dibuat sendiri oleh sekolah. Diharapkan guru untuk selalu mengembangkan latihan bicara di PAUD Santi Rama berdasarkan karakteristik peserta didik. This research intended to describe speech training student with impared hearing at santi rama preschool. The approach used is qualitative approach with descriptive method. Data collection done by observation, interview, and document study. This research using a Miles and Huberman model data analysis with three activity flow that are data reduction, data presenting, and data conclusing withdrawal. The result showed that the curriculum used is a modified curriculum. Program which is formulated for 3A preparation class (P3A) consisted of two aspect that are segmental aspect and suprasegmental aspect. At segmental aspect consisted of nine phonemes which become a program that are p, b, m, w, t, d, n, l, and y. While at suprasegmental aspect teacher train voice loudness and breath fluency. Speech training approach used by the teacher are Visual, Auditori, Kinesthetic, and Haptics approach (VAKT). Speech training methods used among others are imitation, reactive, conversation, and playing. The media used is more from the creativity of the speech training teacher. Evaluation will be done by using processassessment technique. The teacher observing on going activity. When the training finished, the student is easier to understand and to be understood by other while communicating. Speech training activity Starts from planning, implementing, and evaluating of policy that is made by the school. The teachers are expected to keep developing speech training at santi rama preschool based on characteristics of student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:40
Last Modified: 23 Mar 2022 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item View Item