ANGELA MARIETYA PUSPITA, . (2022) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAUR ULANG MATA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (859kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Studi literatur ini membahas tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek daur ulang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek daur ulang dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal terindex google scholar, Shinta dan scopus, yang ada kaitannya tentang penggunaan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemudian dipilih, disajikan dan dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan perbandingan data yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Analisis terhadap artikel ilmiah yang relevan menghasilkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran berbasis proyek. Hasil analisis studi literatur menunjukkan bahwa: 1) Komponen-komponen model pembelajaran berbasis proyek yang berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui: (1) Melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, (2) Menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata, (3) Dilaksanakan dengan berbasis penelitian, (4) Melibatkan berbagai sumber belajar, (5) Bersatu dengan pengetahuan dan keterampilan, (6) Dilakukan dari waktu ke waktu, (7) Diakhiri dengan sebuah produk tertentu; 2) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan melalui beberapa tahap yaitu antara lain: (1) Guru memberikan penjelasan terkait kegiatan yang akan dilakukan, (2) siswa untuk bisa memilih, merancang proyek dan memimpin pikiran serta pekerjaannya sendiri, (3) mendeskripsi kualitas karya menggunakan instrumen penilaian proyek berupa lembar observasi, (4) guru mengontrol tiap tahapan-tahapan project based learning dalam aktivitas perilaku siswa dan membantu siswa dalam proses pengembangan pembelajaran yang dialami siswa, 5) siswa menyampaikan kesimpulan umum dari hasil pembuatan proyek. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Implikasi pada studi literatur ini sebagai salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa dalam proses pembelajaran IPA dan meningkatkan produktivitas sekolah melalui peningkatan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Daur Ulang, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran IPA SD. This literature study discusses the application of a recycling project-based learning model to improve the creative thinking skills of elementary school students. The aim of this study is to prove that the recycling project-based learning model can be applied to improve creative thinking skills in science learning in elementary school students. The design of this study used the Systematic Literature Review (SLR) method. The data collection which is conducted in this research is by collecting the relevant scientific articles related to the use of project-based learning models to improve creative thinking skills. Then it is selected, presented and analyzed and processed to be concise and systematic. After the data is collected, testing and comparison of the data found is carried out. The data analysis technique was conducted qualitatively by quoting appropriate opinions. Analysis of relevant scientific articles resulted in an increase in creative thinking skills through a project-based learning model. The results of the analysis of the literature study show that: 1) The components of the project-based learning model that contribute to improving students' creative thinking skills through: (1) Involving students directly in learning, (2) Connecting learning with the real world, (3) Implemented by research-based, (4) Involving various learning resources, (5) Uniting with knowledge and skills, (6) Conducted from time to time, (7) Ending with a particular product; 2) The application of project-based learning models to improve students' creative thinking skills can be done through several stages, including: (1) The teacher provides an explanation regarding the activities to be carried out, (2) students are able to choose, design projects and lead their own thoughts and work. , (3) describe the quality of work using project assessment instruments in the form of observation sheets, (4) the teacher controls each stage of project based learning in student behavior activities and helps students in the process of developing learning experienced by students, 5) students convey general conclusions from project creation. From the results of the analysis, it can be concluded that the application of project-based learning models to improve students' creative thinking skills. The implication of this literature study is as one of the input materials in order to improve students' creative thinking skills in the science learning process and increase school productivity through improving the quality of learning. Keyword : Project Based Learning Model, Recycle, Creative Thinking Skills, Acience Learning of Elementary School.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Erry Utomo, M. Ed, Ph. D ; 2). Dr. Agung Purwanto, M. Si |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 14527 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 01:27 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 01:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25229 |
Actions (login required)
View Item |