METODE UNJUK GIGI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MASTER (Studi Kasus di Sekolah Master, Kota Depok, Jawa Barat)

ANNISA EKAFENTY RAMADHANIA, . (2017) METODE UNJUK GIGI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MASTER (Studi Kasus di Sekolah Master, Kota Depok, Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Annisa Ekafenty pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS dengan metode unjuk gigi di sekolah MASTER, Depok, Jawa Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara melihat, mengamati dan mencatat proses pembelajaran IPS dengan metode unjuk gigi di kelas VIII. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah, tutor IPS sekolah MASTER dan siswa sekolah MASTER. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar berupa foto yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode unjuk gigi di sekolah MASTER, dengan cara mengkondisikan kelas dalam pembelajaran yang berada di dalam pesawat. Metode unjuk gigi terdiri dari tahap ngumpul, terbang dan gembira. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode unjuk gigi dalam pembelajaran IPS di sekolah MASTER berjalan efektif. Guru menjadi fasilitator yang baik. Guru menggunakan metode unjuk gigi yang mampu menarik minat, perhatian dan respon siswa dalam belajar. Siswa memiliki ketertarikan akan metode unjuk gigi. Ketertarikan siswa pada metode unjuk gigi menjadikan prestasi belajar siswa MASTER meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si, 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:34
Last Modified: 24 Mar 2022 02:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item