PEMBENTUKAN PERILAKU CINTA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 1 SD (Studi Kualitatif di SDIT Darul Abidin Beji Timur, Depok)

ANGGI MAESANANI, . (2016) PEMBENTUKAN PERILAKU CINTA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 1 SD (Studi Kualitatif di SDIT Darul Abidin Beji Timur, Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi anggi maesanani pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pembentukan perilaku cinta lingkungan pada siswa kelas 1 SD di SDIT Darul Abidin Beji Timur, Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara catatan running record, alat perekam suara oleh wawancara kepala sekolah, guru kelas, siswa kelas 1 Madinah dan pedagang kantin dan alat dokumentasi berupa kamera untuk merekam perilaku subjek yang muncul. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman melalui reduksi data, display dan verifikasi data. Hasil penelitian pembentukan perilaku cinta lingkungan yang ada di SDIT Darul Abidin Beji Timur, Depok yaitu : (1) Program yang dilakukan dalam menanamkan perilaku cinta lingkungan adalah dengan program pemilahan sampah, jadwal piket, menanam dan merawat tanaman, bersih-bersih sekolah, kantin sehat, (2) Usaha yang dilakukan pendidik dalam menanamkan perilaku cinta lingkungan adalah dengan menasehati dan menegur siswa yang tidak menjaga kebersihan dan memberikan penghargaan atau pujian yang diberikan kepada siswa sebagai bentuk penguatan atas perilaku siswa yang dianggap baik, (3) Perilaku cinta lingkungan yang dimiliki siswa diantaranya membuang sampah sesuai dengan jenis sampah, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menjaga kebersihan, melaksanakan tugas piket, menanam serta merawat tanaman. This study aimed to describe the formation of behavior loving environment at the 1st grade students in SDIT Darul Abidin Beji Timur, Depok. The method used in this study is a qualitative study method. Data collection procedures carried out by way of running records, tape recorders by interviewing headmaster, teachers, student of 1 Madinah class, and canteen waitress and documentation such as a camera to record the subject’s behaviour that apppears. Data analysis using the technique of Miles and Huberman through reduction, display, and verification. The results of the research establishment behavior love an Environmental in SDIT Darul Abidin Beji Timur, Depok, namely: (1) The program is conducted in instilling behavioral loving environment is a program of waste segregation, schedule picket, planting and caring for plants, healthy canteen, (2) work done by educators in instilling behavioral loving environment is to advise and admonish the students who do not maintain cleanliness and provide rewards or praise given to students as a form of reinforcement on the behavior of students were considered good, (3) conduct loving environment of the students of which dispose of waste in accordance with the type of waste, wash hands before eating, keep clean, running errands picket, plant and care for plants, and smoothed learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sofia Hartati, M.Si 2). Dr.R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:42
Last Modified: 24 Mar 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item