PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ROBOT NAO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT HUMANOID PADA PEMBELAJARAN ROBOTIKA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

BRIYAN PRIYO SAPUTRO, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ROBOT NAO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT HUMANOID PADA PEMBELAJARAN ROBOTIKA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Briyan.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan modul pembelajaran robot humanoid menggunakan robot Nao pada pembelajaran Robotika di Universitas Negeri Jakarta. Dalam penelitian ini membuat modul pembelajaran robot humanoid dengan menggunakan robot Nao . Dengan adanya modul pembelajaran robot ini, robot Nao dapat difungsikan untuk mengeluarkan suara, berjalan, menggunakan sensor sentuhan yang ada di kepala dan kaki, menari, mendeteksi wajah dan mendeteksi benda. Metode yang digunakan pada pada penelitian ini adalah Research and Development. Tahap pengembangan meliputi 1). Studi identifikasi dan masalah, 2). Desain 1 buah modul, 3). Validasi, 4). Revisi dan 5). Evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1). Pengujian unjuk kerja, 2). Angket penelitian. Validasi media pembelajaran melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran. Ujicoba pemakaian dilakukan oleh 15 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan modul diperoleh sebesar 88,33% dari ahli materi, 89,20% dari ahli media, dan 85,13% dari hasil ujicoba terhadap mahasiswa. Dari ketiga data perolehan tersebut, modul pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan pada mata kuliah robotika di program studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Jakarta. The purpose of this research, to make the development of humanoid robot learning module using robot Nao on Robotics course at Universitas Negeri Jakarta In this research to make learning module of humanoid robot by using Nao robot. The robot Nao can be used to out of voice, walk, touch sensors in the head and feet, dance, detect faces and objects. The method used in this research is R&D (Research and Development). Step of development include 1). Identification and problem, 2). Designed 1 module, 3). Validation, 4). Revision and 5). Evaluation. The methods used in data collection include 1). Testing performance, 2). Questionnaire research. Validation of learning media involves material experts and learning media specialists. Usage test was conducted by 15 students. The result shows that the percentage of module eligibility is 88,33% from material expert, 89,20% from media expert, and 85,13% from student test result. From the data acquisition, this learning module into the category very good for use in robotics courses in major Education of Electronic Engineering at Universitas Negeri Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Syufrijal, M.T 2) Drs. Pitoyo Yuliatmojo, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:18
Last Modified: 24 Mar 2022 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25312

Actions (login required)

View Item View Item