PENGEMBANGAN VIDEO INFOGRAFIS PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI PANAS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANNISA, . (2017) PENGEMBANGAN VIDEO INFOGRAFIS PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI PANAS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANNISA_1215121086_SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO INFOGRAFIS_TP FIP UNJ 2017.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses pengembangan hingga menghasilkan sebuah prototipe produk pembelajaran berupa video infografis pembelajaran IPA materi Energi Panas untuk kelas IV sekolah dasar. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah verbalisme di dalam kelas, serta untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas. Penelitian pengembangan produk ini memerlukan prosedur yang tepat. Prosedur pengembangan infogarfis animasi ini mengikuti tahapan dari model pengembangan pembelajaran berorientasi produk oleh Bergman dan Moore secara sistematis. Model Bergman dan Moore dipilih karena tahapan yang ada pada model ini sesuai untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media video. Model Bergman & Moore memiliki 6 tahapan utama, antara lain tahap analisis, desain, pengembangan, produksi, penggabungan, dan validasi. Produk video infografis ini melewati 4 tahap uji coba atau evaluasi, diantaranya uji coba ahli, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Tahap uji coba ahli dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi, kemudian tahap uji coba satu-satu dilakukan oleh 3 orang siswa, selanjutnya tahap uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 6 orang siswa, dan terakhir tahap uji coba kelompok besar dilakukan oleh 22 orang siswa. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, diperoleh nilai rata-rata keseluruhan uji coba ahli sebesar 3,2, rata-rata keseluruhan uji coba satu-satu sebesar 3,53, rata-rata keseluruhan uji coba kelompok kecil sebesar 3,53, dan rata-rata keseluruhan uji coba kelompok besar sebesar 3,68, serta uji coba kelompok besar dengan nilai tes awal 51,4 menjadi 73,6 pada tes akhir. Berdasarkan keempat hasil uji coba tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan video infografis pembelajaran IPA materi Energi Panas untuk kelas IV sekolah dasar ini sudah termasuk kategori sangat baik. The purpose of this development research is to explain the process of developing an infographics video prototype for learning on the Science subject of Heat Energy material for the 4th grade primary school students. The background of this research is to solve the verbalism problem in the classroom, also to increase student's interest and achievement in Science subjects of Heat Energy material. This product development follows the procedure of product-oriented development model by Bergman and Moore. That model was chosen because the phases of this model are suitable for developing a video for learning. The Bergman and Moore model has 6 main phases, including the phase of analysis, design, develop, produce, author, and validate. This infographics video for learning passes through 4 phases of evaluation, including expert review phase, one-to-one evaluation phase, small group evaluation phase, and field test phase. In expert review phase, this product was evaluated by 2 media experts and 2 material experts. In one-to-one evaluation phase, the product was evaluated by 3 students. Then in small group evaluation phase, the product was evaluated by 6 students. Finally in field test phase, the product was evaluated by 22 students. Based on the results of the evaluation, it shows the whole average score of expert review phase is 3,2. Then, the average score of one-to-one evaluation phase is 3,53, the small group evaluation phase is 3,53, the field test phase is 3,68, and the test result in the field test phase shows the post test score of 73,6 from the previous pre test score of 51,4. Based on these 4 phases of evaluation results, it can be concluded that the infographics video for Science learning of Heat Energy Material for the 4th grade primary school students can be categorized as very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. A. Murti Kusuma W., M. Si 2). Cecep Kustandi, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:53
Last Modified: 24 Mar 2022 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item