ARINA IZMI, . (2017) POLITIK KURIKULUM DI INDONESIA: Studi tentang Transisi Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI pdf.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan bagaimana transisi Kurikulum 1964 dan Kurikulum 1968 dalam politik kurikulum di Indonesia serta bagaimana dinamika proses pembelajaran dari perubahan Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968. Tujuan penelitian ini memiliki tiga hal penting yang ingin disampaikan. Pertama, menjelaskan dinamika perubahan Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968. Kedua, menjelaskan motif di balik perubahan Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968 dan dinamika proses pembelajaran yang berlangsung pada Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968 dengan mengacu kepada guru dan peserta didik. Ketiga, menjelaskan konstelasi kebijakan politik pendidikan Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode sejarah. Adapun sumber data primer berupa dokumen Kurikulum di jenjang SD, SMP, dan SMA tahun 1964 dan 1968, Keputusan Presiden Nomor 145 Tahun 1965 tentang Nama dan Rumusan Induk Sistem Pendidikan Nasional, Penetapan Presiden Nomor 19 Tahun 1965 tentang Pokok-Pokok Sitem Pendidikan Nasional Pancasila, TAP MPRS Nomor II/MPRS/1960, TAP MPRS Nomor XXVII/MPRS/1966 tentang Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diakses di Arsip Nasional Republik Indonesia, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Perpustakaan Nasional. Wawancara juga dilakukan dengan orang-orang yang disebut pelaku sejarah atau orang yang cukup mengerti tentang seluk beluk dan kegiatan pemikiran sejarah. Penelitian ini menyimpulkan tiga hal penting. Pertama, dinamika Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968 terjadi ketika Orde Lama tumbang dan Orde Baru mengambil alih kekuasaan negara. Dengan begitu, Kurikulum 1964 mengalami perubahan menjadi Kurikulum 1968. Kedua, motif kebijakan politik pendidikan dibalik transisi Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968. Motif tersebut di antaranya adalah sosial, politik, dan ideologi. Dalam praktiknya di sekolah, gurulah yang menjalankan kurikulum. Selain itu, guru sebagai sumber belajar. Peserta didik sebagai objek belajar. Model pembelajaran yang digunakan adalah teacher centered. Ketiga, konstelasi kebijakan yang berubah dari Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968 meliputi dinamika politik dan pergantian kekuasaan serta dinamika ideologi yang berkembang. This research explains how the transition of Curriculum 1964 and Curriculum 1968 in curriculum politic in Indonesia and how learning process dynamics from the change of Curriculum 1964 to Curriculum 1968. Purpose of this research has 3 important things to be conveyed. First, to explain the dynamics of change Curriculum 1964 to Curriculum 1968. Second, to explain the aim behind the change of Curriculum 1964 to Curriculum 1968. Third, to expain constellation of education politic policy Curriculum 1964 to Curriculum 1968. This research uses qualitative approach with historical method. The primary source is document Curriculum in Elementary School, Junior High School, and Senior High School in the year of 1964 and 1968, President Decision Number 145 year of 1965 about Name and Main Formula of National Education System, President Determination Number 19 year of 1965 about Basis of Pancasila National Education System, TAP MPRS Number II/MPRS/1960, TAP MPRS Number XXVII/MPRS/1966 about Religion, Education, and Culture. Laws Number 2 year of 1989 about National Education System and Laws Number 20 year of 2003 about National Education System that is accessed in National Archives of Indonesia, Center of Curriculum and Books, Ministry of Education and Culture, Departements of Indonesia Science and National Library. The interview is also conducted with people who are mentioned by historical actor or people who understand about the details and historical thought activity. This research concludes 3 important things. First, dynamics of Curriculum 1964 to Curriculum 1968 that happened when the Old Older collapsed and the New Order took over the power. Therefore, Curriculum 1964 changed to be Curriculum 1968. Second, the aim of educational politic policy behind the transition of Curriculum 1964 to Curriulum 1968. The aim is social, politics, and ideology. In the application at school, the teacher who performs the curriculum. Moreover, the teacher as learning source. The student as object of learning. The learning model that is used is teacher centered. Third, constellation of policy that changes from Curriculum 1964 to Curriculum 1968 including the political dynamics and change of power also ideology dynamics that develops.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Rakhmat Hidayat, PhD 2) Ubedilah Badrun, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 06:55 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 06:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25331 |
Actions (login required)
View Item |