PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN PANAS KELAS V SEKOLAH DASAR

RAHMI ADRIANI PUTRI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN PANAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam memotivasi belajar IPA materi perpindahan panas kelas V di SDN Gondangdia 01. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model Hannafin and Feck. Hasil penelitian ini dapat dikatakan layak dengan hasil pengujian ahli media sebesar 96% dengan kategori sangat baik, dari ahli materi sebesar 85% dengan kategori sangat baik dan dari ahli bahasa sebesar 95,55% dengan kategori sangat baik. Sementara itu, hasil motivasi belajar awal diperoleh skor 69,69% dengan kategori cukup termotivasi dan motivasi belajar akhir diperoleh skor 84,84% dengan kategori termotivasi. Sedangkan, pada uji beda dengan uji t diperoleh thitung sebesar 5.226 dan ttabel sebesar 1.182, sebab thitung > ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya media pembelajaran interaktif materi perpindahan panas ini dapat meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik. This study aims to develop interactive learning media in motivating science learning for class V heat transfer material at SDN Gondangdia 01. This research and development uses research and development (R&D) methods using the Hannafin and Feck model. The results of this study can be said to be feasible with the test results of media experts by 96% in the very good category, from material experts by 85% in the very good category and from linguists 95.55% in the very good category. Meanwhile, the results of initial motivation obtained a score of 69.69% in the category of sufficient appreciation and final learning motivation obtained a score of 84.84% in the sales category. Meanwhile, in the different test with t test, it was obtained that tcount was 5.226 and ttable was 1.182, because tcount > ttable, there was a significant difference between before and after using interactive learning media. Based on these data, it shows that with the interactive learning media, heat transfer material can increase students' motivation to learn science.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ika Lestari, S.Pd.,M.Si. ; 2). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14095 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:29
Last Modified: 28 Mar 2022 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25373

Actions (login required)

View Item View Item