PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Quasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta) Ayu Anggraeni

AYU ANGGRAENI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Quasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta) Ayu Anggraeni. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AYU ANGGARAENI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Jakarta Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control. Sampel yang diambil adalah kelas VIII dengan penentuan kelas menggunakan cluter random sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan tes berupa ujian tertulis, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, sehingga dilakukan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai lebih besar dari yaitu 2,356 ≥ 1,485 pada Kompetensi Dasar (KD) 6.1 Bentuk-bentuk hubungan sosial dan Kompetensi Dasar (KD) 6.2 Pranata Sosial dengan taraf signifikan 0,05 yang artinya hipotesis alternatif ) diterima sehingga “ Ada Pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Hasil Belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Jakarta. This study aims to determine whether there is influence of Think-Talk- Write (TTW) learning model on the learning outcomes of IPS students of class VIII in SMP Negeri 14 Jakarta. This research was conducted in SMP Negeri 14 Jakarta Semester II of Lesson Year 2016/2017. The method used is a trial. The sample taken is class VIII with class determination using cluter random sampling. Data technique by doing a written test, class VIIIA as a control class and VIIIC class as an experimental class. Based on the result of final analysis which has been done with normality test and homogeneity test showed that both samples come from normally distributed and homogenous population, so that the hypothesis test with t-test is done. The result of hypothesis test by using t-test shows the value of t_hitung is bigger than t_table that is 2,356 ≥ 1,485 in Basic Competence (KD) 6.1 The forms of social relation and Basic Competence (KD) 6.2 Social Institution with significant level 0,05 which is Alternative hypothesis ( ) is accepted so "There is Influence of Think- Talk-Write Learning Model to IPS Learning Result Based on the result of research, it can be concluded that the use of Think-Talk-Write (TTW) learning model has a positive effect on the learning result of IPS student of class VIII At SMP Negeri 14 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Muhammad Muchtar, M.Si, 2) Dr. Desy Safitri, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:22
Last Modified: 28 Mar 2022 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25406

Actions (login required)

View Item View Item