PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

ANGGELA SORAYA, . (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
ABSTRAK ING dan IND.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan metode make a match dalam strategi pembelajaran inkuiri ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini dilakukan di SMP Jakarta Islamic School dan SMPIT Thariq Bin Ziyad. Di SMP Jakarta Islamic School diterapkan strategi pembelajaran inkuiri, sementara di SMPIT Thariq Bin Ziyad diterapkan strategi pembelajaran inkuiri yang dipadukan dengan metode pembelajaran make a match. Kelas-kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas yang terpisah antara peserta didik lakilaki dan perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII semester pertama tahun ajaran 2015-2016. Data yang diperoleh yaitu berasal dari data pre test dan post test yang berisi soal-soal pemecahan masalah matematis untuk diberikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak tedapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Selain itu juga tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan make a match. Model pembelajaran inkuiri dan make a match yang diterapkan pada kelompok peserta didik yang dibedakan berdasarkan gender dapat memberikan efek terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini berarti bahwa pengaruh atau efek model pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah matematis akan berbeda untuk gender yang berbeda This study aims to obtain information about improving the ability of mathematical problem solving using make a match method in inquiry learning strategy in terms of gender differences. This research was conducted at SMP Jakarta Islamic School and SMPIT Thariq Bin Ziyad. In SMP Jakarta Islamic School applied inquiry learning strategy, while in SMPIT Thariq Bin Ziyad applied inquiry strategy that combined with learning method make a match. The classes used in this study are separate classes between male and female students. The study was conducted in class VIII first semester of academic year 2015-2016. The data obtained is derived from pre test and post test data containing problem solving mathematical problems to be given to students. The results showed that there was no difference in the improvement of mathematical problem solving ability between male and female students. There is also no difference in the ability to solve mathematical problems between students using inquiry strategies and using inquiry strategies and make a match. Inquiry and make-match learning models applied to groups of students differentiated by gender can have an effect on improving the ability to solve mathematical problems. This means that the effect or effect of the learning model on the mathematical problem solving ability will be different for different gender.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Wardani Rahayu, M.Si 2) Dr. Lukita Ambarwati, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:08
Last Modified: 30 Mar 2022 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25547

Actions (login required)

View Item View Item