ANDIKA PRASETYA, . (2017) PENERAPAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMAN 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Andika Prasetya.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan pendekatan STEM dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi stoikiometri. Kemampuan berpikir kritis siswa diamati berdasarkan aspek berpikir kritis menurut R.H. Ennis. Terdapat 5 aspek berpikir kritis yang diteliti pada penenlitian ini yaitu, memfokuskan pertanyaan, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lanjut, serta mengatur strategi dan teknik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 42 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, reflektif jurnal, kuesioner berpikir kritis, wawancara, dan tes berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dari kelima aspek berpikir kritis yang diteliti pada penelitian ini tergolong baik dengan persentase sebesar 78,43%. Secara keseluruhan, indikator berpikir kritis yang paling berkembang dalam diri siswa yaitu indikator mempertimbangkan kredibilitas sumber yang tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 83,66%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekaran STEM berbasis PBL dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia topik stoikiometri. The purpose of this study is to develop students' critical thinking skills through the application of STEM education with Problem Based Learning (PBL) on stoichiometry topic. Observation of students' critical thinking ability based on critical thinking aspect according to R.H. Ennis. There are 5 critical thinking aspects studied in this research that is, focusing questions, build basic skills, conclude, make further explanation, and set the strategies and techniques. This research was conducted at SMAN 42 Jakarta in the even semester of academic year 2016/2017. The subjects of the study were students of class X MIA 3 with 36 students. The method used in this research is qualitative method. Data collection techniques through observation sheets, journal reflective, critical thinking questionnaires, interviews, and critical thinking tests. Data analysis technique used is qualitative analysis with stages that is data reduction, data presentation, conclusion, and verification. The results showed that the average critical thinking ability of students from the five critical thinking aspects studied in this study is good with a percentage is 78.43%. Overall, the most critically developed thinking indicator in students is the indicator considering the credibility of the source that is very good with a percentage is 83.66%. Thus, it can be concluded that the application of STEM-based on PBL can develop students' critical thinking skills on chemistry learning stoichiometric topics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Tritiyatma Hadinugrahaningsih, M.Si 2) Dr. Afrizal, M.Si |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 05:57 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 05:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25561 |
Actions (login required)
View Item |