Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Asam Basa Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup

ALVI APRISKY, . (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Asam Basa Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI (Alvi) soft copy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran model Kooperatif STAD dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran 5M yang masing-masing berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 81,297 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 74,324. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 3,709; ttabel = 1,666 sehingga thitung > ttabel). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. This study aims to determine the effect of application of STAD learning model to the students' chemical learning outcomes on acid bases solution materials integrated environmental education. This research type is quasi experiment research with Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted at MAN 3 Jakarta academic year 2016/2017. The sampling technique used was purposive sampling, obtained by class XI MIA 1 as experimental class by using STAD Cooperative Model and XI MIA 2 as control class by using 5M learning model which each amounted to 37 students. The instrument used in this research is the test of chemistry learning result of multiple choice. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistic t-test. The results showed that the average of students' experimental chemistry learning result was 81,297 while the mean of control class learning result was 74,324. The results showed that there were differences in chemical learning outcomes in the experimental class and control class (tcount = 3.709; ttable = 1.666 so tcount> ttable). It can be concluded that the application of STAD learning model has a positive effect on the students' chemistry learning on the material of acid-base solution integrated environmental education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Agung Purwanto, M.Si 2) Prof. Dr. Erdawati, M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:59
Last Modified: 31 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25575

Actions (login required)

View Item View Item