STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA UJARAN SISWA TUNARUNGU KELAS TKLB 1 B DI SLB/B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT

CHIKA JUIESA AYU, . (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA UJARAN SISWA TUNARUNGU KELAS TKLB 1 B DI SLB/B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca ujaran untuk siswa tunarungu di SLB/B Pangudi Luhur Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumen dan analisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai guru tidak membuat perencanaan, silabus atau RPP. Materi yang diberikan adalah materi yang diperoleh dari siswa. Metode yang digunakan adalah Metode Maternal Reflektif (MMR) disertai dengan maetode lain yaitu metode permainan, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode demonstrasi. Media yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca ujaran adalah mainan atau benda yang dibawa siswa, fasilitas dari sekolah seperti permainan edukasi, papa tulis, kapur, gambar, tongkat dan buku. Media yang digunakan tergantung pada materi yang dibahasa saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Dalam proses pembelajaran guru memberikan reward dan punishment kepada siswa. Bentuk evalusi yang digunakan guru adalah latihan lisan dan tertulis, proses tanya jawab dan pembiasaan kepada siswa. Penelitian ini menyimpulkan strategi yang digunakan oleh guru sudah baik dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran membaca ujaran. The research was aimed to obtain detail information and data pertaining to strategy used by teacher in speech reading subject for deaf students special needs kindergarten 1B class in SLB/B Pangudi Luhur west Jakarta. The method used is qualitative descriptive with data collection including technique of observation, interview, documentation and analyzed by using the model of Miles and Huberman. The collection data then were analyzed by using reduction data, presentation data, and conclusion drawing of verification. The result of this research tha before starting the learning process teacher didn’t make planning, syllabus or lesson plan. The material provided was matter obtained from students. The research method used is Maternal Reflective Method (MMR) accompanied by other method namely games method, a method of lecture, question and answer method, and method of demonstrations. The media used by teacher in this speech reading class is toy or subjects carried by students, facility from school as the education game, slates, lime, picture, sticks and books. The media used depends on material discussed when the learning process held. In this learning process, teacher gave rewards and punishment for student. The evaluation provided was in spoken and written test, question and answer process, and adjustment for students. This research concluded that the strategy conducted by the teacher was goof and effective to reach the learning goal so that it resulted a significant impact toward speech reading learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed. 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 14:52
Last Modified: 31 Mar 2022 14:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25595

Actions (login required)

View Item View Item