Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V MI Karakter Azzaroofah Pagelarang Jakarta Timur

Maryama Tri Wulandari, . (2018) Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V MI Karakter Azzaroofah Pagelarang Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
4 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
11 a BAB 1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
11 b BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
11 c BAB 3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
11 d BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 e BAB 5.pdf

Download (272kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V MI Karakter Azzaroofah Pagelarang Jakarta Timur. Subjek dalam peneitian ini adalah siswa kelas V MI Karakter Azzaroofah yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau action research dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Tagart yang terdiri dari 4 tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui pendekatan kontekstual pada pembelajaran menyimak dongeng dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V MI Karakter Azzaroofah Pagelarang Jakarta Timur. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak dongeng. Pada siklus I keterampilan menyimak dongeng siswa mendapatkan 66.7%, kemudian pada siklus II mencapai 83.3%. Adapun hasil pengamatan pemantau tindakan guru pada siklus I sebesar 80% dan hasil pemantau tindakan siswa pada siklus I sebesar 77%. Adapun pada siklus II, hasil pengamatan pemantau tindakan guru mencapai 93.3% dan hasil pengamatan pemantau tindakan siswa mencapai 90%. Dengan demikian pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas V di MI Karakter Azzaroofah Pagelarang Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd 2) Dr. Ir. Arita Marini, ME.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Jan 2020 11:03
Last Modified: 06 Jan 2020 11:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item