DENNY ABDURRACHMAN, . (2017) PENERAPAN PENDEKATAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_DENNY ABDURRACHMAN_1335121132.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai penerapan pendekatan metode maternal reflektif dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik tunarungu di sekolah PAUD Santi Rama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah model Spreadley dengan alur analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan indikasi penerapan pendekatan MMR dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan, yakni mengarahkan wajah untuk saling bertatapan dan memperhatikan suara, tanggap terhadap apa yang ingin dikatakan murid, melakukan provokasi dan kontras dalam mengarahkan materi dan memperjelas makna, dan membaca ideovisual Bentuk aktivitas dalam penerapan pendekatan MMR dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan adalah percakapan dari hati ke hati, visualisasi percakapan, penyusunan deposit, percakapan membaca ideovisual, dan identifikasi langsung dan tidak langsung. Setelah dilaksanakan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan MMR dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan menekankan pada kegiatan percakapan dengan murid dan mengusahakan terjadinya percakapan antar murid, dan menjadikan murid lebih memahami kemampuan membaca permulaan. Diharapkan guru untuk selalu mengembangkan penerapan pendekatan MMR dengan memperhatikan karakteristik murid. This research aims to obtained deepen information and data on the application of reflective maternal method approaches in developing early reading skills to deaf students at Santi Rama PAUD school. This research uses qualitative approach with descriptive methods. The data collection as conducted through interview and observation. The data analysis used is spreadley model with domain analysis flow, taxonomic analysis, and theme analysis. The research results show that found an indication the application of approach reflective mathernal method in the development of ability to read the beginning, namely directing the face to see eye to each other and seen sound, responsive to what a couple of words students, do provocation and contrasted in driving matter and clarify meaning, and read ideovisual the form of activity in the implementation of the approach reflective maternal method in the development of ability to read the beginning is a some sense into you , visualize conversation, the preparation of deposit, conversation read ideovisual, and identification direct and indirect. After carried out research showed that the implementation of approach reflective maternal method in the development of ability to read the beginning emphasis on activities conversations with students and look after the conversation between students, and made students better understand ability to read the beginning .Expected teachers to always develop the application of maternal reflective method with taking account of the characteristics of students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. 2). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 12:43 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 07:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25628 |
Actions (login required)
View Item |