DIAN AMALIA, . (2016) “MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT RUMAH ADAT MENGGUNAKAN KERTAS KOKORU MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN SBK DI KELAS IV SDIT GLOBAL INSANI BEKASI BARAT”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI DIAN AMALIA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan siswa dalam membuat rumah adat menggunakan kertas kokoru melalui media visual pada siswa kelas IV SDIT Global Insani Bekasi Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Global Insani Bekasi Barat pada semester I tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh hasil analisis pada proses berkarya dan hasil karya rumah adat yang dilakukan siswa, hasil pengamatan tindakan guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dengan digunakannya media visual pada tahap pembelajaran. Kemampuan siswa memperoleh persentase 50.00% pada siklus I, dan persentase pada siklus II yaitu 83,33% . hal ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan pada kemampuan siswa membuat rumah adat. Adapun hasil analisis pemantauan tindakan guru dan siswa pada penggunaan media visual yaitu mencapai persentase 85,5% pada siklus I dan persentase pada siklus II mencapai 95,5%. Maka media visual merupakan media alternatif pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. This reseach purposed to analyze the increase ability in the makes custom home through visual media to grade IV SDIT Global Insani North Bekasi. This study was conducten at SDIT Global Insani West Bekasi in the first semester of the year 2015/2016 with subject are grade IV students totalin 30 students. This study is a study of action reseach class using Kemmis and Mc. Taggart model for conducted in two cycles. Data was obtained thourgh result analysis on the proses of work and the result of students work to makes custom home, result of observation tescher and students on studying using visual media. The result show that there in an increase ability of students using visual media on the studying step. The ability of students obtain persentation 50.00% in first cycles and persentation in second cycles is 83,33%. This matter show that increase in ability of students to makes custom home. As for avarage the analysis result of action reseach teacher and students in using visual media persentation is 85,5% in first cycles and persentation in second cycles is 95,5%. Therefore visual media is constitute alternative media in the studying cultural arts and skills .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Kawuryan, M. Pd. 2). Dra. Sehati Kaban, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Apr 2022 06:38 |
Last Modified: | 03 Apr 2022 06:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25651 |
Actions (login required)
View Item |