UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi)

EKA KRISTANTO, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Grafik.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Surat validasi.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Skripsi.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Lampiran 10 Riwayat Hidup.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran PKn. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang pemahaman konsep PKn pada materi keputusan bersama menggunakan model debat aktif di kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 29 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, tes pemahaman konsep siswa menunjukkan prosentase sebesar 44,82% sehingga belum mencapai target yang diharapkan karena masih di bawah target yang diharapkan yaitu sebesar 80%. Pada siklus II prosentase tes pemahaman konsep siswa mencapai 82,76% dengan itu dikatakan bahwa siswa memahami konsep dari materi yang diajarkan pada siklus II dan mengalami peningkatan yang melebihi target yang diharapkan. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 50% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 50% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran debat aktif dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep PKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan model debat aktif, siswa dapat terlibat aktif, termotivasi, dan berani menyampaikan pendapat. Classroom Action Research that aims to improve the understanding of the concept of civic education subjects. This study was to obtain empirical data on understanding the concept of civics in the materials shared decision model active debates in class V SDN 01 Pagi Pasar Manggis. The subjects were students in the fifth grade of 29 students in the second semester of academic year 2015/2016. The experiment was conducted using a model of Kemmis and Mc. Tagart Action research conducted through the stages of planning, implementation, observation, reflection/re-evaluation as the basis for planning the next cycle. In the first cycle, the test students' understanding of the concept shows the percentage of 44.82% and therefore has not revealed the expected target because it is still below the expected target is equal to 80%. In the second cycle test understanding of concepts percentage of students reaching 82.76% with it is said that the students understand the concept of what is taught in the second cycle and increase that exceeds the expected target. The results show the monitoring instruments teacher action on the first cycle is 50 % increase in the second cycle to 90 % . Monitoring instruments student action on the first cycle is 50 % increased in the second cycle of 90%. The implication of this study is that the debate active learning model can be used as one model of learning in improving the understanding of the concept Civics Elementary School fifth grade students . With the model of active debate , students can be actively engaged , motivated , and courageous expression.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Ika Lestari, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:29
Last Modified: 04 Apr 2022 01:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25688

Actions (login required)

View Item View Item