EKA NUR SARI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen di SDN Setia Asih 02, Tarumajaya Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (238kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (42kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (392kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (521kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (215kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (497kB) |
|
Text
7.LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (315kB) |
|
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (63kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (448kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (99kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (128kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN DOKUMENTASI PENELITIAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan desain Randomized Control Group Pretest – Post test. Populasi yang diambil adalah siswa kelas II Sekolah dasar dengan jumlah 30 orang, yaitu 15 kelas eksperimen di kelas IIA dan 15 anak di kelas kontrol 15 di kelas IIB. Pengambilan sampel menggunakan teknik random cluster sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pengamatan pada saat kegiatan dengan pemberian perlakuan berupa kegiatan membaca melalui motodel pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan metode pembelajaran konvensional sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test). Hasil pengujian post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol dengan menggunakan uji-t bahwa diketahi hasil dari t hitung 4,41 dan t tabel 1,7. Hal ini menunjukan bahwa berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Oleh karena itu, peran guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam memberikan model pembelajaran yang menyenangkan akan membuat anak lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan membaca. This research aims to obtain empirical data on the influence of cooperative learning model snowball throwing on the ability to read second grade of elementary school. The method used is quantitative method with this kind of experiment, design Randomized Control Group Pre-test - Post test. The population was grade II Primary schools with the number 30, which is 15 experimental classes in class IIA and 15 children in the control class 15 class IIB. Sampling using random cluster sampling. The collection of data used is observation observation at giving treatment activities such as reading through motodel throwing snowball type of cooperative learning and conventional learning methods before (pre-test) and after (post-test). Results of testing the experimental group post-test and post-test control group using t-test that we know do the results of the t 4.41 and t table 1.7. This shows that t_hitung>t_tabel means there is a significant positive effect the use of cooperative learning model snowball throwing on the ability to read second grade of elementary school. Therefore, the role of teacher in the highly influential in providing a fun learning model that will make children more interested to participate in reading activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Azizah Muis, S.Pd., M.pd. 2). Lara Fridani, Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 01:33 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 01:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25691 |
Actions (login required)
View Item |