PIROLISIS SEDERHANA LIMBAH PLASTIK DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA PEMBELAJARAN KIMIA

AFWU HAYYI AMYYANA, . (2017) PIROLISIS SEDERHANA LIMBAH PLASTIK DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA PEMBELAJARAN KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AFWU HAYYI AMYYANA - 3315130926.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Sumber Belajar pirolisis plastik berupa buku yang berbasis Education for Sustainable Development. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Jalaksana, SMAN 51 Jakarta dan SMAN 98 Jakarta pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 SMA sebanyak 51 orang. Hasil interpretasi rata-rata uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli bahasa sebesar 89,63% yang menunjukkan bahwa buku sudah baik dalam hal kesesuaian materi, teknik penyajian, dan kelayakan bahasa. Sedangkan uji kelayakan media memberikan hasil interpretasi rata-rata sebesar 92,23% yang menunjukkan bahwa buku sudah baik dari segi kualitas instruksional dan kualitas teknis. Hasil interpretasi rata-rata pada peserta didik kelompok kecil adalah 85% yang menunjukkan bahwa buku sudah baik. Berdasarkan penilaian dari peserta didik kelompok kecil tersebut, buku diperbaiki dan dilakukan uji coba kembali pada kelompok besar dan didapatkan hasil interpretasirata-rata sebesar 91,44% yang menunjukkan buku sudah baik dalam hal ukuran buku, desain kulit buku, kesesuaian materi, teknik penyajian, dan kelayakan bahasa. Hasil interpretasi yang baik dalam pengkajian oleh para ahli dan uji coba yang dilakukan pada peserta didik menunjukkan bahwa sumber belajar pirolisis plastik berupa buku yang berbasis Education for Sustainable Developmentini layak untuk digunakan. This research is intended to produce an educational source of plastic pyrolysis based on education for sustainable development. The study was conducted at SMAN 1 Jalaksana, SMAN 51 Jakarta and SMAN 98 Jakarta in the academic year of 2016/2017. The method used in this research is research and development method (Research and Development). This research consists of three stages, namely requirement analysis stage, development stage, and product trial stage. Subjects in this study were XI high school students 51 people. The results of the interpretation of feasibility tests by material experts and linguists with a range of 77.5% -100% indicate that the book is good in terms of material suitability, presentation techniques, and language eligibility. While media feasibility test gives interpretation result with range of 87,5% -100% indicating that book have good in terms of instructional quality and technical quality. Interpretation results in small group learners are in the range of 73.33%-79.26% indicating that the book is good. Based on the assessment of the small group of learners, selected books and retested in large groups and the results of interpretation with a range of 75.7%-81.6% which indicates the book is good in terms of book size, book skin design, presentation techniques, and language feasibility. The results of good interpretation in the assessment by experts and trials conducted on learners indicate the source of learning pyrolysis plastic books based Education for Sustainable Development is feasible to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Maria Paristiowati, M.Si 2) Dr. Fera Kurniadewi, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:11
Last Modified: 04 Apr 2022 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25735

Actions (login required)

View Item View Item