PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KELAS VIII SMPIT DARUL MA’ARIF

ABDUL FATHIR FARUQI, . (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KELAS VIII SMPIT DARUL MA’ARIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Isi Abstrak Fix.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lampiran 1 Kisi Kisi Tes Akhir Siklus.pdf

Download (23kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep matematika yang diberikan kepada siswa di kelas VIII SMPIT Darul Ma’arif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa termasuk kategori kurang, yaitu 47,88 dari nilai maksimal 100. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah dengan menerapkan pendekatan PAIKEM menggunakan strategi Question Students Have (QSH). Strategi pembelajaran QSH adalah salah satu dari tipe pembelajaran aktif yang menekankan pada kemandirian siswa dalam memahami pelajaran dengan cara mempersiapkan pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Pengecekan keabsahan data dari penelitian kelas ini menggunakan teknik triangulasi penyidik dan sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan, baik dilihat dari keenam subjek penelitian maupun dilihat dari keseluruhan kelas. Rata-rata tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika keenam subjek penelitian pada siklus I adalah 66,11, pada siklus II meningkat menjadi 72,55, dan pada siklus III meningkat menjadi 79,63 yaitu berada pada kategori baik, sedangkan nilai rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika seluruh siswa pada siklus I adalah 59,63, kemudian siklus II meningkat menjadi 67,32, dan pada siklus III meningkat menjadi 74,07 yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran QSH dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan PAIKEM, Strategi Pembelajaran QSH.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si 2) Ratna Widyati, S.Si., M.Kom
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:43
Last Modified: 04 Apr 2022 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25763

Actions (login required)

View Item View Item