FATHUL TSABITAH KULTSUM, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DAN KECERDASAN NATURALIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI FATHUL TSABITAH K. 3415131015.pdf Download (3MB) |
Abstract
Model pembelajaran Outdoor Learning ialah suatu pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Model ini merupakan salah satu model yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pada materi ekosistem dengan didukung kecerdasan yang dimiliki siswa. Siswa dengan kecerdasan naturalis tinggi dapat dengan mudah memahami materi dengan melihat objek pembelajaran secara konkret sehingga proses pembelajaran akan lebih bermakna melalui kegiatan outdoor learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran outdoor learning dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 36 siswa kelas X MIPA SMAN 64 Jakarta. Uji Prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua arah pada taraf signifikansi α=0,05. Pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran outdoor learning dan STAD dengan nilai signifikansi sebesar 0,049. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan naturalis tinggi dan rendah dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan naturalis dengan nilai signifikansi sebesar 0,295. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran outdoor learning dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Outdoor learning model is a study done outside the class. Outdoor learning model is a model that is allegedly able to increase the learning outcome on the material ecosystem supported by the intelligence possessed students. Students with high naturalist intelligence can easily understand the material by viewing the learning object for concrete so that the learning process will be meaningful through the activities of outdoor learning. This study aims to determine the effect of the learning model of outdoor learning and naturalist intelligence toward students learning outcome on the material ecosystem. This research is conducted in semester II of academic year 2016/2017. The method used in this research is quasi experiment. A total sample is 36 students of class X science in SMAN 64 Jakarta. Prerequisites test indicates the data normally distributed and homogeneous. The tests of hypotheses use the ANAVA test, two way at the level of significance α=0.05. The first hypothesis test shows that there is difference in average learning outcome of students between the learning model of outdoor learning and STAD with a significance value of 0,049. In the second hypothesis test shows that there is difference in average learning outcome of students who have high and low naturalist intelligence with a significance value of 0.001. The result of the third hypothesis test shows that there is no interaction between learning model and naturalist intelligence with a significance value of 0.295. Based on this study, it can be concluded that there is the effect of outdoor learning model and naturalist intelligence toward learning outcome on the material ecosystem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Diana Vivanti S., M.Si 2) Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 06:17 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 06:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25776 |
Actions (login required)
View Item |