STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DESAIN GRAFIS PADA SISWA TUNARUNGU KELAS XI SMALB SANTI RAMA

FANY FAUZIAH UTAMI, . (2017) STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DESAIN GRAFIS PADA SISWA TUNARUNGU KELAS XI SMALB SANTI RAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fany Fauziah Utami (1335130118).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan secara kseluruhan pengembangan kemampuan desain grafis pada siswa tunarungu kelas XI SMALB Santi Rama. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dan teknis analisis data pada penelitian ini dengan cara mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah SMALB Santi Rama membuat perencanaan pengembangan desain grafis berupa program pengembangan yang melibatkan guru cetak sablon, guru IT, ketua bidang keterampilan, serta kepala sekolah. Bentuk aktivitas pengembangan desain grafis di SMALB Santi Rama diantaranya pelatihan, studi banding, dan rapat rutin. Proses pengembangan kemampuan desain grafis di kelas XI SMALB Santi Rama diantaranya dibagi menjadi lima tahap yaitu tahap prateori, teori, menggambar desain, mendesain, dan evaluasi. Faktor pendukung pengembangan kemampuan desain grafis SMALB Santi Rama diantaranya guru cetak sablon SMALB Santi Rama yang berasal dari jurusan multimedia dan sudah tersedianya fasilitas laboratorium cetak sablon. Faktor penghambat pengembangan kemampuan desain grafis diantaranya fasilitas sekolah yang belum menunjang secara maksimal pengembangan desain grafis di sekolah. Qualitative descriptive study aimed to describe development of graphic design skills for deaf students of class XI SMALB Santi Rama. The method used is descriptive method with qualitative approach. Data collected through interviews, observation and documents. Mechanical technical examination of the validity of data and data analysis in this study by reducing the data, presenting data, and then draw conclusions / verification. The results of this study are SMALB Santi Rama planning the development of graphic design form of a development program that involves ‘cetak sablon’ teachers , IT teacher, and the principal. Forms of graphic design development activities in SMALB Santi Rama including training, study, and regular meetings. The process of development of graphic design skills in class XI SMALB Santi Rama them divided into five phases: prateori, theory, design drawing, design, and evaluation. Factors supporting the development of graphic design skills among teachers cetak sablon SMALB Santi Rama Santi Rama SMALB from the multimedia department and laboratory cetak sablon facilities already available. Factors inhibiting the development of graphic design capabilities include school facilities are not yet optimally support the development of graphic design in school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:51
Last Modified: 04 Apr 2022 06:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25796

Actions (login required)

View Item View Item