MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN PERWIRA II BEKASI UTARA

FAR’AH FAUZIYYAH, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN PERWIRA II BEKASI UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FAR’AH FAUZIYYAH_1815133380.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada siswa kelas III. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Perwira II Bekasi Utara dengan jumlah siswa 40. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan menggunakan metode Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan metode proses siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siklus I mencapai 65% (26 siswa) sedangkan pada siklus II mencapai 85% (34 siswa). Dengan demikian penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran IPA tentang sumber daya alam pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Perwira II Bekasi Utara telah menunjukan peningkatan hasil belajar. Implikasi hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat digunakan sebagai salah satu cara meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Sekolah Dasar. This research for increase science study relust with make a match type of cooperation learning method for third grade student. The subject in this research in third grade students at Perwira II Bekasi Utara elementary school with 40 total students. This class room action research held used Kurt Lewin method consist of plan, action, obesevation, reflection. This research used cycle process method, are cycle I and cycle II. Every cycle have two meeting. The result make a match type of cooperative learning at cyle I reached 65% (26 studenst), in cycle II reached 85% (34 students). So therefore cooperative learning method make a match type applied at science study about natural resources to third grade students at Perwira II Bekasi Utara elementary school has showed study result improvement. Implication in this research in cooperative learning method make a match type can be used as one of ways how to improve learning outcomes of Science study for elementary school student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. 2). Dra. Syarifah Hanum, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:08
Last Modified: 04 Apr 2022 07:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25801

Actions (login required)

View Item View Item