PENGELOLAAN PROGRAM PEMBINAAN MORAL BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA (PSBR TARUNA JAYA TEBET JAKARTA SELATAN)

FASYA ANDITA RAMADHINI, . (2016) PENGELOLAAN PROGRAM PEMBINAAN MORAL BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA (PSBR TARUNA JAYA TEBET JAKARTA SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FASYA ANDITA RAMADHINI.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan Program Pembinaan Moral bagi Remaja Putus Sekolah di Panti Sosial. Tujuan penelitian ini meliputi: (1)Untuk mengetahui perencanaan program pembinaan (2)Untuk mengetahui pengorganisasian program pembinaan, (3)Untuk mengetahui pelaksanaan program pembinaan dan (4)Untuk mengetahui .pengawasan program pembinaan. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang digunakan di PSBR Taruna Jaya, Tebet Jakarta Selatan. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan observasi.Subyek yang digunakan berjumlah 9 orang yang terdiri dari Kepala PSBR,Ketua pelaksana pembinaan sosial, Ketua kasubag TU, Staff pelayanan sosial, Instuktur kelas moral dan 4 warga binaan. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1)pengumpulan data (2)reduksi data (3)penyajian data (4)penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Pengelolaan program pelatihan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan program yaitu perencanaan terdapat alokasi anggaran yang harus diminimalisir agar terpenuhi kebutuhan kegiatan, dalam pengorganisasian sarana dan prasarana yang belum memadai , kurangnya minat dalam mengikuti kelas moral, dan kurangnya pengawasan di dalam kegiatan, faktor pendukung dalam pengelolaan program yaitu kerja sama mitra dan warga binaan, manfaat hasil pembinaan dapat meningkatkan karakteristik dalam bermoral. Penelitian ini menyarankan agar pengelolaan program tersebut dapat ditingkatkan, sehingga pelaksanaan program yang telah direncanakan dapat berjalan secara maksimal. This study aimed to determine the management of Moral Development Program for Youth Dropout in Social Institutions . The purpose of this study include : ( 1 ) To determine the planning of development programs ( 2 ) To determine the organization of training programs ( 3 ) To investigate the implementation of development programs and ( 4 ) To determine the supervision guidance program. The approach which the researchers use a qualitative approach. Locations used in the PSBR Taruna Jaya , Tebet . Data obtained using instruments such as interview guides and observation .Subyek used were 9 people , including heads of PSBR , Chairman of social development , Chairman of the Head of TU , social services staff , the trainer moral classes and 4 inmates. Technique of analyzing data used in this study include : ( 1 ) data collection ( 2 ) data reduction ( 3 ) presentation of data ( 4 ) conclusion . The results obtained in this study is management training program includes planning , organizing, implementing and monitoring, factors that become an obstacle in program management including planning there is a budget allocation that must be minimized in order to met the needs of the activities , in organizing the facilities and infrastructure inadequate, lack of interest in following the moral classes , and lack of oversight on the activities, the supporting factors in the management of a program of cooperation partners and inmates, the benefits of coaching can improve characteristics result in immoral . This study suggested that the management of the program can be improved , so that the implementation of planned programs can run optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daddy Darmawan, M.Si. 2). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:23
Last Modified: 06 Apr 2022 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25828

Actions (login required)

View Item View Item