PENGARUH MEDIA DAUR ULANG BUKU CERITA BERGAMBAR BENTUK TIMBUL (POP UP BOOK) TERHADAP KECAKAPAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Hom Pim Pa, Tangerang Selatan)

FEBRYANI SULISTYANINGRUM, . (2016) PENGARUH MEDIA DAUR ULANG BUKU CERITA BERGAMBAR BENTUK TIMBUL (POP UP BOOK) TERHADAP KECAKAPAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Hom Pim Pa, Tangerang Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh media daur ulang buku cerita bergambar pop up.terhadap kecakapan sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di TK Hom Pim Pa Ciputat, Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 40 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kecakapan sosial anak dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil perhitungan, menunjukkan harga thitung (3.72) > ttabel (1.73) yang artinya media daur ulang buku cerita bergambar bentuk timbul (pop up book) berpengaruh positif terhadap kecakapan sosial anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mengembangkan kecakapan sosial anak melalui media yang menarik. Oleh sebab itu, orang dewasa dapat menciptakan cara yang menyenangkan sebagai upaya mengembangkan kecakapan sosial anak, sehingga anak mampu menerapkan aspek.- aspek kecakapan sosial. The aim of this study is to obtain empirical data that focus on the influences of recycle media pop up picture story book towards the social skills of children aged between 5-6 years. The research was conducted in Hom Pim Pa Kindergarten, Ciputat, Tangerang Selatan. The method that used in this research was experimental with post test design. To get the sample, researcher used random sampling technique with 40 children as participants. Data were collected through observasion of children social skill and analyzed by t-test. Result of the test showed that thitung (3.72) > ttabel (1.73) which means the recycle media pop up picture story book has positive influences towards 5-6 years children's social skill.The results of this study can serve as a reference for developing the social skills of children through interesing media. Therefore, adults can make a fun way as the effort to develop the social skills of children, so children are able to apply aspects of social skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurani, M. Pd. 2). Dr. Nurjannah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:27
Last Modified: 06 Apr 2022 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25873

Actions (login required)

View Item View Item