PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 92 Jakarta)

ESTIKA OCARINA, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 92 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ESTIKA OCARINA-4115133799.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan peserta didik kelas VII di SMPN 92 Jakarta antara sebelum diterapkannya model pembelajaran group investigation (GI) dengan sesudah diterapkannya model pembelajaran group investigation (GI). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Design. Rancangan ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok diberikan pre dan post test tetapi hanya satu kelompok yang diberikan perlakuan (treatment). Dengan rancangan ini dilihat perbedaan pencapaian kemandirian antara kelompok eksperimen dengan pencapaian kemandirian kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data tentang kemandirian belajar. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMPN 92 Jakarta dari kelas VII A sampai kelas VII F . Sedangkan teknik yang dipakai untuk penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling dengan didapatkan kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dari awal bulanMaret 2017 sampaiawal bulan Mei 2017. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Uji T – tes. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sampel dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal. 2) Berdasarkan analisis data kedua sampel adalah homogen; 3) Ada perubahan yang lebih tinggi dalam hal kemandirian belajar pada kelas yang memperoleh treatment dibandingkan dengan kelas yang tidak memperoleh treatment. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang lebih tinggi penggunaan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di SMPN 92 Jakarta. This study aims to determine the independence of learning in the civic education area in class VII at 92 Junior High School between before the implementation of group investigation (GI) learning model after the implementation of group investigation (GI) learning model. This research uses experimental method. This experimental study used the Pretest-Posttest Control Design design. The design consists of two groups, namely the experimental group and the control group. Both groups were given pre and post test but only one group was given treatment (treatment). With this design, there are differences in the achievement of independence between the experimental group and the achievement of the independence of the control group. Data collection uses questionnaires to collect data on learning independence. The population of this study are all students of class VII at 92 Junior High School from class VII A to class VII F. While technique used for this research use Simple Random Sampling with obtained class VII F as experiment class and class VII C as control class. The study was conducted from early March 2017 to early May 2017. The data collected were analyzed using statistical analysis technique. Testing the research hypothesis using T-test. Hypothesis testing showed that: 1) The sample of the experimental class and the control class came from the normally distributed population. 2) Based on the data analysis both samples are homogeneous; 3) There is a higher change in terms of learning independence in the class that received treatment compared with the class that did not receive treatment. The conclusion of this research there is a higher influence of the use of group investigation model (GI) of student independence learning in the civic education at 92 Junior High School Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. M. Japar, M. Si., 2) Yasnita Yasin, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:12
Last Modified: 06 Apr 2022 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25904

Actions (login required)

View Item View Item