PENGEMBANGAN MEDIA POP UP UNTUK PENERAPAN BELAJAR AKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KARANG SATRIA O5 BEKASI

FIRDA MARYANTI, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP UNTUK PENERAPAN BELAJAR AKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KARANG SATRIA O5 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Firda Maryanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media Pop Up dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya siswa kelas IV SDN Karang Satria 05 Bekasi Utara. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan pembelajaran Baker & Schutz. Model pengembangan Baker & Schutz merupakan model pengembangan yang sistematis dan bercirikan produk. Tahapan-tahapannya terdiri dari tujuh langkah, dimulai dari perumusan, spesifikasi pembelajaran, uji butir soal, pengembangan produk, ujicoba produk, revisi produk, dan analisis operasi. Pengembangan ini dinilai telah memenuhi kriteria setelah melewati empat tahap ujicoba antara lain expert review, one to one, small group, dan field test. Dari hasil ujicoba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan expert review adalah 3,4. Pada tahapan ujicoba one to one memperoleh hasil nilai rata-rata 3,5. Pada tahapan ujicoba small group memperoleh hasil rata-rata 3,4. Dan pada tahapan ujicoba field test memperoleh peningkatan hasil sebesar 45,15. Implikasi dari hasil penelitian pengembangan ini yaitu media Pop Up dapat digunakan sebagai pelengkap buku teks yang sudah ada. Kenaikan nilai sebagian besar siswa menunjukkan peningkatan, sehingga dapat dikatakan dalam penggunaan media Pop Up ini cukup efektif dalam menarik minat siswa untuk belajar dan membuat kegiatan belajar yang menyenangkan. The research is about development research which has a purpose to produce pop up media in social learning in main subject about appreciate diversity nations and culture for 4thgrade SDN Karang Satria 05 Bekasi Utara. This research based on development model of development learning by Baker & amp; schutz. Their model development model has a sistematic and charatererized products. This development has 7 steps, it start from the formulation, specification learning, test grains, product development , the tests of products , the revision products , and analysis operation. This research has completely criteria after through 4 ways trials, there are is experet review, one to one, small group, and field test. The result from trials is average for most people of expert review is 3.4. In the one to one trialas, the average value is 3.5. In the sall group trials, the average value is 3.4, and in the field test trials, average value has growing up to 45,15. Implication from this research development is pop up media can used for complement textbooks. The result improvement for most of a student is shown increasing, so it can says dan using this media pop up is efetive to attract student's iterest and make the learning process can be fun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bambang Sutjipto, M,Pd. 2). Retno Widyaningrum, S.Sos.,M.M.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 00:56
Last Modified: 07 Apr 2022 00:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25932

Actions (login required)

View Item View Item