STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL- QUR’AN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK RISTEK KIKIN CAKUNG

FAJRILWAHDI, . (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL- QUR’AN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK RISTEK KIKIN CAKUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BURNING (F).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMK Ristek Kikin Cakung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori strategi pembelajaran pada umumnya dan juga strategi pembelajaran khusus untuk baca tulis Al-Qur‟an beserta metode-metode yang berkaitan dengan baca tulis Al-Qur‟an. Seperti strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an dari Zarkasyi, yaitu Sistem sorogan / individu, Klasikal individu, dan Klasikal baca simak. Untuk metode dalam strategi pembelajaran baca tulis Al- Qur‟annya yaitu Metode Baghdadiyah, Metode Iqro‟ (KH.As‟ad Humam), Metode Qiro‟ati, Metode Al-Barqy, Metode Tilawati, Metode Iqro‟ (Drs.Tasrifin Karim), dan Metode Dirosa. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang diterapkan di SMK Ristek Kikin Cakung mampu mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an siswa yang kemudian dirincikan, Pertama, Tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur‟an di SMK Ristek Kikin Cakung bagi para siswa yang aktif dalam kegiatan tersebut agar dapat membaca Al-Qur‟an secara baik dan benar bahkan bertambah pemahaman tentang Al- Qur‟an. Kedua, Strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang diterapkan oleh Ustadz Muammar (Guru BTQ SMK Ristek Kikin Cakung) menggunakan strategi dari Zarkasyi yang didalamnya didominasi oleh metode Al-Barqy, metode Qiro‟ati, dan metode Tilawati. Ketiga, Para siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur‟an sejak kelas X – XI menjadi sudah pandai membaca Al-Qur‟an secara fasih dan sesuai dengan tajwid ketika menjadi siswa kelas XII. The purpose of doing research is to describe and analyze about learning strategies read write the Qur'an on extracurricular activities at SMK Ristek Kikin Cakung. As for the method used in this research is descriptive analysis using qualitative research approach. This research uses theories of learning strategies in General and also learning strategies specific to the read write the Qur'an along with methods related to the read write the Quran. Such as learning to read and write strategy Qur'an from Zarkasyi, namely Systems sorogan / individual, the individual Classical and Classical read refer. For the method of teaching reading and writing in the strategy of Al-Quran that Baghdadiyah method, Method Iqro '(KH.As'ad Humam), Methods Qiro'ati, Al-Barqy method, Method Tilawati, Iqro Method' (Drs.Tasrifin Karim) and Methods Dirosa. Based on this research can be concluded that the strategy of learning to read and write the Quran were applied in SMK Ristek Kikin Cakung in overcoming the difficulty of reading the Qur'an students produce results that correspond to the objectives to be achieved, which are then detailed, First, the objective of the extracurricular activities to read and write the Qur'an in SMK Ristek Kikin Cakung for students who are active in these activities in order to read the Qur'an is good and true even to increase understanding of the Qur'an. Second, literacy learning strategy Qur'an applied by Ustadz Muammar (teacher BTQ SMK Ristek Kikin Cakung) used the strategy of Zarkasyi in which there are methods of Al- Barqy, Qiro'ati methods, and methods Tilawati. Third, students who actively participated in extracurricular reading and writing of the Qur'an since the class X - XI be clever enough to read Al-Quran fluently and in accordance with the recitation of being a student of class XII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Mushlihin Amali, MA, Ph.D 2) Ahmad Hakam, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:09
Last Modified: 07 Apr 2022 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item