PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN UNTUK SISWA SMPN 8 DEPOK

GUSTI NGURAH ARISKA PUTRA, . (2016) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN UNTUK SISWA SMPN 8 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (219kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (31kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Surat Pengesahan.pdf

Download (69kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang menyeluruh dan detail mengenai proses pengembangan media video pembelajaran untuk mempelajari teknik dasar bermain gitar. penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran baru bagi para pemula pembelajaran gitar. pengembangan mengacu pada model pengembangan produk Baker and Schutz. secara umum model pengembangan ini terdiri atas tujuh langkah umum yakni: Formulasi produk, spesifikasi pembelajaran, Item Tryout, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk, analisis operasi. model ini digunakan oleh peneliti karena model ini sesuai untuk mengembangkan produk pembelajaran, selain itu tingkat kemudahan dalam mengimplementasianya dan kelengkapan aturan-aturan dalam mengembangkan suatu produk. Evaluasi video pembelajaran ini meliputi tiga aspek, materi, media serta pembelajaran yang kemudian diujicobakan kepada satu orang ahli media, satu orang ahli materi dan satu orang ahli pembelajaran, serta tiga orang siswa pada one-to-one evaluation, sepuluh orang siswa pada small group, serta lima belas siswa pada tahap field test. penilaian menggunakan skala nilai 1-4 dan skala guttman untuk pertanyaan tegas. dari hasil uji coba tersebut rata-rata keseluruhan expert review adalah 3,5. dan rata-rata presentase keseluruhan dari evaluasi one-to-one (90%) siswa tertarik dengan media video tersebut, pada tahap small group diperoleh nilai rata-rata presentase keseluruhan (70%) siswa tertarik dengan media video tersebut. serta pada tahap field test didapat hasil 92,6. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan teknik dasar bermain gitar yang telah dikembangkan dapat dikategorikan baik. Implikasi penelitian ini bagi pemula pembelajaran gitar SMPN 8 Depok adalah sebagai sumber belajar mandiri dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan pembelajaran seni musik gitar menjadi lebih efektif dan efisien. selain itu, pengembang media lain juga dapat menggunakan media video pembelajaran ini sebagai motivasi maupun sebagai referensi dalam membuat karya yang lebih baik dan berkualitas. This study aims to provide a comprehensive picture and details about the process of developing media instructional videos to learn the basic techniques of playing the guitar . This study also aims to produce a new instructional media for the beginner guitar lesson. development refers to a product development model Baker and Schutz . in general this development model consists of seven general steps are: product formulation , specification of learning , Item tryout , product development , product testing , product revision , operations analysis . This model is used by researchers because this model is appropriate to develop learning products , in addition to the level of ease of implementation and completeness of the rules in developing a product . Evaluation of instructional videos cover three aspects , materials , media and learning which is then tested on one of the experts in the media , one of the experts in the matter and the person learning experts , as well as three students in one-to -one evaluation , ten students in small group and fifteen students at the stage of field test. ratings using a scale of 1-4 and Guttman scale values for decisive question . the results of these trials the overall average expert reviews is 3.5 . and the average percentage of the overall evaluation of one-to -one ( 90 % ) of students interested in the video media , at the stage of a small group obtained the average value of the overall percentage ( 70 % ) of students interested in the video media . as well as at the stage of field test results obtained 92.6 .from these results we can conclude that the instructional videos Subject Arts Culture and guitar playing skills basic techniques that have been developed can be categorized either . The implications of this study for beginners learning guitar SMPN 8 Depok is a source of self-learning by the learning media is expected learning the art of guitar music to become more effective and efficient . in addition, another media developers can also use this instructional video media as motivation as well as references in making the work better and quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. 2). Dr. RA. Murti Kusumawirasti, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:05
Last Modified: 07 Apr 2022 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26018

Actions (login required)

View Item View Item