HANI SELPIANI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA DISPOSISI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Korelasi di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. lembar judul.pdf Download (14kB) |
|
Text
4. surat pernyataan keaslian skripsi.pdf Download (167kB) |
|
Text
5. kata pengantar.pdf Download (182kB) |
|
Text
3. abstrak.pdf Download (360kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (88kB) |
|
Text
6. lembar daftar isi.pdf Download (96kB) |
|
Text
7. lembar daftar lampiran.pdf Download (89kB) |
|
Text
11. bab 4.pdf Download (630kB) |
|
Text
8. bab 1.pdf Download (203kB) |
|
Text
12. bab 5.pdf Download (11kB) |
|
Text
9. bab 2.pdf Download (305kB) |
|
Text
10. bab 3.pdf Download (414kB) |
|
Text
13. daftar pustaka.pdf Download (196kB) |
|
Text
15. daftar riwayat hidup.pdf Download (96kB) |
|
Text
lembar persetujuan.pdf Download (430kB) |
|
Text
16. lembar daftar lampiran_1.pdf Download (186kB) |
|
Text
surat keaslian skripsi.pdf Download (354kB) |
Abstract
Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas V SD. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kebon Baru 09 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi ̂ = 7,33 + (0,21)X dengan koefisien korelasi rXY = 0,44 dan koefisien determinasi sebesar 19,00%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematis memiliki hubungan yang positif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD sehingga disposisi matematis merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui minat dan kemampuan setiap peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan yang mampu meningkatkan disposisi matematis peserta didik kelas V SD. Aims of this correlation study is to know the relation of mathematical disposition with problem solving abilityof mathematics of 5th grade elementary school’s students. The samples of this study are 5th grade elementary school’s students at SDN Kebon Baru 09 Pagi, South Jakarta, total of the sample is 30 people. Sampling using simple random sampling. The method used is an experimental method. Collecting data using questionnaires disposition of mathematical and mathematical problem solving ability of mathematics test. The results showed regression equation ̂ = 7,33 + (0,21)X with a correlation coefficient rXY = 0,44 and determination coefficient of 19,00%. The results showed that the disposition mathematical have a positive correlation with problem-solving ability of mathematics of 5th grade elementary school’s students until mathematical disposition is one of the factors that may affect problem solving ability of mathematics learners 5th grade elementary school’s students. Therefore, teachers need to know the interests and abilities of each learner in order to devise activities that can improve the mathematical dispositions of learners 5th grade elementary school’s.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. 2). Drs. Endang Wahyudiana. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 05:39 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 05:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26034 |
Actions (login required)
View Item |