HILDA APRILIA, . (2016) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN HARAPAN REMAJA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI HILDA APRILIA (1125125661).pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kecerdasan emosional pada remaja di Panti Asuhan Harapan Remaja Jakarta. Penulis menggunakan metode kuantitatif dengan skala psikologi. Penulis pada penelitian ini menggunakan instrumen yang diadaptasi, yaitu Emotional Intelligence Questionnare yang dibuat oleh Daniel Goleman pada tahun 1999, yang sudah dipublikasikan melalui National Health Service dan Tennessee Self Concept Scale yang dibuat oleh William H. Fitts pada tahun 1965. Sampel penelitian ini adalah 60 responden yaitu remaja yang tinggal di Panti Asuhan Harapan Remaja Jakarta dengan rentang usia 13-18 tahun dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian, didapat nilai F= 19,748, p= 0.000 < 0.05 (signifikan) dan pengaruh yang dihasilkan bersifat positif, artinya semakin tinggi konsep diri remaja panti, semakin tinggi pula kecerdasan emosional remaja panti. Besar pengaruh yang dihasilkan konsep diri terhadap kecerdasan emosional adalah 0,254 (25,4%) dan sisanya 74,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap kecerdasan emosional pada remaja di Panti Asuhan Harapan Remaja Jakarta. The study is done to know the influence of self-concept of emotional intelligence. Researcher used scale quantitative methods psychology. Researcher used adapted instrument, namely Emotional Intelligence Questionnare made by Daniel Goleman in 1999, which has been published by the National Health Service and Tennessee Self Concept Scale made by William H. Fitts in 1965. There are 60 samples of respondent which is the teens who lived in The Orphanage Hopes Jakarta teenagers aged 13-18 years with saturated sampling technique. The data processing used in the testing of hypotheses analytics regression. Based of result of data, obtained value of F= 19,748, p= 0.000 < 0.05 (significant) and the result of the influence is positive, this means that the higher the self-concept teenagers homes the higher the emotional intelligence teenagers homes. The big influence of produced self-concept of emotional intelligence is 0,254 (25,4% ) and the rest 74,6% influenced by other factors. So that it can be concluded that there is significant effect of of Self-concept on Emotional intelligence in the teenagers at The Orphanage Adolescent Hopes Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Fitri Lestari Issom, M.Si. 2). Drs. Herwanto, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 06:59 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 06:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26082 |
Actions (login required)
View Item |