HUBUNGAN SIKAP EVALUATIF PADA TUTORIAL ONLINE DAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TERBUKA

LEONARD RADEN HUTASOIT, . (2017) HUBUNGAN SIKAP EVALUATIF PADA TUTORIAL ONLINE DAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TERBUKA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap evaluatif pada tutorial online dan self regulated learning mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Terbuka. Penelitian dilaksanakan di Universitas Terbuka dengan subyek mahasiswa Pendidikan Biologi yang mengikuti tutorial online Anatomi dan Fisiologi Manusia. Penelitian menggunakan metode survey pendekatan kuantitatif teknik korelasional. Masalah penelitian adalah (1) apakah terdapat hubungan positif antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y)? (2) apakah terdapat hubungan positif antara self regulated learning (X2) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) ? (3) apakah terdapat hubungan positif antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dan self regulated learning (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif signifikan antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi mahasiswa (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, probabilitas signifikansi 0,000<0,05; 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self regulated learning (X2) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, probabilitas signifikansi 0,168>0,05; 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dan self regulated learning (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, nilai dengan tingkat probabilitas 0,002<0,05. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia dapat dipengaruhi secara kuat oleh sikap evaluatif pada tutorial online dan secara lemah oleh self regulated learning. The purpose of this study to determine the relationship between evaluative attitude in online tutorials and students self-regulated learning with the students learning results in the education of Biology Study Program in Indonesia Open University (UT). The research was conducted at UT and the subjects of the research were the students of Biology study program who joined the online tutorial of Anatomy and Human Physiology. The research used a survey method of statistical correlation quantitative approach. The results showed that: 1) there is a significant positive correlation between evaluative attitude in online tutorial (X1) and student's Anatomy and Physiology learning result (Y) with significance level α=0,05, probability significance 0,000<0,05; 2) there is no significant relationship between self-regulated learning (X2) and the result of learning Anatomy and Human Physiology (Y) with significance level α=0,05, probability significance 0,168>0,05; 3) there is a significant positive relationship between evaluative attitude in online tutorial (X1) and self-regulated learning (X2) together with the study result of Anatomy and Human Physiology (Y) with significance level α=0,05, value with probability level 0.002<0.05. The implications in this study indicates that the results of learning Anatomy and Human Physiology can be strongly influenced by the evaluative attitude in online tutorials and weakly by self-regulated learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Betsy Sihombing, M.Si 2) Dr. Rusdi, M. Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Apr 2022 04:12
Last Modified: 08 Apr 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26104

Actions (login required)

View Item View Item