ADVERINA ONASIS SILABAN, . (2015) KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 48 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi_AdverinaOnasisSilaban_5235110353.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital Kurikulum 2013 di SMKN 48 Jakarta. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 4 orang guru, 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kurikulum, dan 132 siswa yang mengikuti mata pelajaran Simulasi Digital. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan pengisian angket. Data yang diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan deskriptif analisis. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 3 orang guru kesiapannya adalah sangat baik dan 1 orang guru kesiapannya adalah baik dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital. Masing-masing guru dan siswa memiliki penilaian yang sama, yang berarti bahwa ke empat guru tersebut termasuk ke dalam kategori siap dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital. Kepala sekolah dan wakil kurikulum menyatakan bahwa guru Simulasi Digital siap dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital Kurikulum 2013. Guru telah melaksanakan pembelajaran dengan membuat perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, kemudian melaksanakan/menyajikan pembelajaran dan melakukan penilaian/evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran Simulasi Digital dilakukan sesuai dengan standar proses pada Kurikulum 2013 dimana guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memperdalam/mencari informasi tambahan materi pelajaran, menggunakan pendekatan ilmiah, dan melakukan penilaian pada kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 06:14 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 06:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26111 |
Actions (login required)
View Item |